Batik Carnival Beri Ruang Ekspresi

0 165

Batik Carnival Beri Ruang Ekspresi Lebih untuk Perkembangan Batik Cilacap

Minimnya terhadap ruang ekpresi dalam pementasan dengan menggunakan tema batik masih dirasa oleh para pembuat maupun pengrajin batik. Karena itu, ajang-ajang pameran batik, seperti halnya Batik Carnival harus diperbanyak lagi. Pasalnya, event baik pameran maupun pementasan batik harus terus tumbuh seiring dengan makin banyaknya penggemar batik. “Saya kira kalau ada pameran batik, dan ada Batik Carnivalnya pasti banyak yang ikut serta. Sebab, batik memang sudah menjadi ikon pakaian yang sangat familiar,” kata Ansor basuki Balasih Ketua Klaster Batik Kroya.

Ada banyak ruang ekspresi yang diberikan baik oleh pemerintah kabupaten maupun kecamatan dalam mengangkat tema batik di setiap kegiataannya. Lebih sering lebih baik. Untuk kegiatan Batik Carnival saat ini belum banyak dilakukan oleh Pemkab. Oleh sebab itu, para pecinta batik pun mengharapkan agar pemerintah bisa memberikan kegiatan yang bertemakan batik lebih banyak lagi. Diakuinya, minimnya kegiatan seperti Batik Carnival disebabkan karena dana yang dikeluarkan tidak sedikit serta membutuhkan persiapan yang matang. Namun demikian, bukan berati batik carnival tidak bisa digelar secara sederhana.

Dengan makin banyaknya perajin batik tentu akan memberikan persaingan yang ketat. Sebab, masing-masing produsen akan berupaya agar produksinya bisa laku dipasaran. Perajin yang tidak bisa memasarkan produknya tentu akan menyulitkan untuk produksi selanjutnya. Sementara itu, salah satu pengusaha, Subama Batik Kroya, H Munir mengaku selalu siap jika ada kegiatan Batik Carnival. Bagi dia, batik harus terus dipasarkan. Ekspansi pasar adalah hal yang mutlak dilakukan jika ingin usaha batiknya terus tumbuh. Kesulitan paling besar bagi perajin batik adalah bagaimana memasarkan produknya. Sehingga batik carnival mungkin bisa menjadi sarana promosi.

Source http://radarbanyumas.co.id/ http://radarbanyumas.co.id/batik-carnival-beri-ruang-ekspresi-lebih-untuk-perkembangan-batik-cilacap/
Comments
Loading...