infobatik.id

Batik Carica dari Wonosobo

0 71

Batik Carica dari Wonosobo

Industri pembuatan batik di Wonosobo cukup berkembang dengan memperkenalkan Motif Batik yang menggambarkan Motif Daun Carica dan juga Purwaceng. Dua motif ini merupakan tumbuhan yang ada di daerah pegunungan dieng yang terletak di daerah Wonosobo. Carica sendiri merupakan buah khas yang berasal dari dataran tinggi dieng yang memiliki bentuk seperti pepaya. Buah ini biasanya dijumpai sudah dalam botol yang berisi air gula dan sangat nikmat bila dinikmati dalam keadaan dingin. Terkenalnya buah ini membuat dieng sangat identik dengan buah carica.

Melihat terkenalnya buah ini maka para seniman batik di daerah ini kemudian membuat Motif Batik yang menggunakan bentuk daun carica sebagai bentuk Motif Batik yang melambangkan daerah mereka. Motif Batik ini banyak dibuat oleh seniman batik di daerah Talunombo Sapuran Wonosobo. Pembuatan Motif Batik memang seringkali menggunakan suatu hal yang terkenal di daerah tersebut, seperti motif daun tembakau dari Kudus, Motif Binatang Laut yang banyak ditemui di daerah pesisir dan di kota Wonosobo menemui Motif Batik dengan bentuk daun carica.

Selain Motif Batik ini, para pembuat batik di kota ini juga mengembangkan Motif Batik lainnya seperti Motif Batk yang memperlihatkan bentuk alam sekitar wonosobo yang banyak pegunungan. Selain itu para pembuat batik di daerah ini juga membuat Motif Teh Hitam, Motif Tambi, Motif Batik Daun Kentang dan beberapa motif khas daerah ini lainnya. Motif yang berasal dari daerah Wonosobo ini cukup banyak ragamnya dan pada umumnya dibuat dengan teknik cap dan juga teknik batik tulis. Batik adalah identitas dari bangsa Indonesia dan harus terus dijaga agar tetap lestari dalam kebudayaan masyarakat Indonesia.

Source Batik Carica dari Wonosobo Batik
Comments
Loading...