Batik Candramawat Khas Sukabumi

0 177

Batik Sukabumi memiliki corak yang khas  dengan corak elegan dipadu padankan bersama aneka warna cerah dan ceria. Faktor itu menghasilkan batik Sukabumi di tempat ini senantiasa diburu konsumen. Tidak hanya itu, letaknya yang berseberangan dengan pusat oleh-oleh makanan istimewa Sukabumi, moci, menghasilkan lokasi ini gampang dicapai dan ditemukan.

Keindahan ragam dan corak yang elegan memberikan inspirasi bagi para pengrajin batik Sukabumi untuk membuat motif yang unik dapat menarik masyarakat Sukabumi maupun luar daerah Sukabumi untuk memesan batik Sukabumi. Salah satu batik yang khas Sukabumi adalah Batik Candramawat.

Batik Candramawat

Batik Candramawat yaitu batik yang terinspirasi dari dongeng sunda Nini Anteh, yaitu dongeng masyarakat sunda menjadikan bulan sebagai tempat curhat melalui Nini Anteh yang tinggal dan menenun di atas sana dan ditemani sang kucing bernama candramawat. Nini Anteh merupakan legenda atau kisah seseorang nenek renta yang selalu melakukan dialog dengan bulan saat sedang bermasalah, baik masalah sosial, budaya maupun masalah kehidupan manusia pada umumnya terutama budi pekerti. Bulan menjadi tumpuan harapan bagi terangnya kembali pikiran dan hati manusia. Saat menusia memiliki masalah, saat hati manusia buta, nini anteh melaporkannya kepada bulan dalam bentuk dialog.
Filosofi batik Candramawat yaitu perlambang hati manusia bisa saja pergi kemana saja atau merubah perasaan hatinya sendiri. Apabila hati sudah diam pada suatu tempat berarti hati tersebut sudah menemukan dunianya, kalau hati sudah tenang maka kita akan mendapatkan dunia yang penuh rahmat dan berkah Tuhan.
Source Batik Candramawat Khas Sukabumi Filosofi Batik
Comments
Loading...