Batik Cai Sukabumi

0 205
Batik Sukabumi merupakan salah satu budaya bangsa khususnya masyarakat Kota Sukabumi yang harus dilestarikan agar tidak hilang. Sukabumi memiliki seni batiknya sendiri, batik Sukabumi masih kalah terkenal dengan batik-batik dari luar kota seperti batik Yogyakarta atau batik Pekalongan. Tempat pembuatan batik Sukabumi hanya ada beberapa tempat. Ketertarikan masyarakat khususnya masyarakat Kota Sukabumi yang masih kurang akan adanya batik Sukabumi. Karena itulah informasi-informasi tentang batik Sukabumi dan motif batik Sukabumi dibutuhkan supaya masyarakat kota Sukabumi bisa lebih menghargai budaya daerahnya sendiri dan bisa dilestarikan oleh generasi penerus. Salah satu batik Sukabumi adalah Batik Cai Sukabumi.

Batik Cai Sukabumi

Proses pembuatan batik Cai Sukabumi terinspirasi dari air dimana air sangatlah penting dalam tatantan kehidupan masyarakat umunya dan masyarakat Kota Sukabumi khususnya, tergambar mulai dari toponimi atau penamaan empat yang berawalan Tji/Ci yang berasal dari kata Cai atau air. Air jugalah yang kemudian menjadi bagian pribahasa tentang bagaimana istimewanya air Sukabumi. “Sakalinginum cai Sukabumi pasti bakal balik deui ka Sukabumi”. Air adalah hal baik dari alam yang merupakan perwakilan konsep, harapan, cita-cita dan doa yang mengalir. Dan tentunya segala kebaikan air Kota Sukabumi ini selayaknya mempunyai tempat atau wadah yang mumpuni yaitu unsur-unsur masyarakat di Kota Sukabumi sendiri yang mewakili bumi sang penerima air.

Filosofi batik Cai Sukabumi adalah setiap kehidupan manusia yang memiliki kemampuan dinamis, keadaan seperti apapun tidak boleh memiliki rasa takut dalam masalah apapun kita harus bisa menyelesaikan karena banyak sekali cara untuk memecahkan masalah atau suatu cobaan. Layaknya batu yang dapat rusak oleh tetesan-tetesan air.

 

Source Batik Cai Sukabumi Filosofi Batik
Comments
Loading...