Batik Bumi Saridin Mulai Dikembangkan di Durensawit Pati

0 175

Batik Bumi Saridin Mulai Dikembangkan di Durensawit Pati

Batik yang bercorak “Bumi Saridin” merupakan khasil kerajinan batik yang berasal dari Kecamatan Kayen. Batik ini mulai dikembangkan untuk melestarikan batik tulis berlatar kisah tokoh legendaris asal Kayen yaitu Saridin. Ada dua motif yang saat ini tengah dikembangkan. Pertama, motif Bumi Saridin yang memadukan kelapa, jambu dan asem. Kedua, motif Bumi Saridin bercorak lele, duren dan daun jati.

Salah satu pengrajin batik Asih Subekti pembatik asal Durensawit mengatakan, semua motif dibuat berdasarkan kisah Saridin. Misalnya, buah durian yang sempat menjadi perselisihan antara Saridin dan kakak iparnya, Branjung. Ikan lele yang mengisahkan kesaktian Saridin saat menjadi santri Sunan Kudus. Buah kelapa digunakan Saridin untuk menjelajah samudera menuju Palembang. Semua perpaduan motif dirancang khusus dengan kisah Saridin, leluhur kami yang melegenda.

Dalam waktu tiga minggu, Asih bisa memproduksi seratus batik tulis Bumi Saridin yang dikerjakan secara manual menggunakan tangan. Selama ini, penjualan masih mengandalkan bantuan unit pengelola kegiatan (UPK) Kecamatan Kayen. Harapannya dengan dilakukan pengembangan batik tulis Bumi Saridin di Durensawit bisa mengakomodasi kearifan lokal, karena Saridin merupakan warga asli Durensawit. Selain itu, pengembangan batik diharapkan dapat meningkatkan produktivitas wanita, serta mendongkrak perekonomian setempat agar di daerah ini masyarakatnya menjadi sejahtera dan tentunya batik dengan motif Bumi Saridin ini bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Source Batik Bumi Saridin Mulai Dikembangkan di Durensawit Pati Batik Bumi Saridin
Comments
Loading...