infobatik.id

Batik Buatan Indonesia Memimpin Pasar Dunia

0 22

Sandang batik bukan cuma lazim dapat tempat di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengabarkan bahwa industri batik nasional berhasil menguasai pasar dunia pada 2017. Kemenperin mengungkapkan batik sudah menjadi mesin penggerak ekonomi nasional. Nilai ekspor batik dan produk turunannya pada 2017 mencapai AS $58,46 juta dengan pasar tujuan Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.

Industri batik nasional memiliki daya saing komparatif dan kompetitif di pasar internasional. Produk batik nasional sebenarnya masih potensial di dalam negeri dengan jumlah pangsa pasar mencapai 90 persen. Apalagi saat ada momen penting seperti Lebaran yang bisa meningkatkan penjualan batik hingga 15 persen (Kontan.co.id). Tidak heran para perajin baru mengincar pasar ekspor setelah ada sisa.

Pemerintah pun akan proaktif membantu para perajin batik untuk mengekspor produknya, mumpung belum banyak saingan. Batik Indonesia tidak ada saingannya, karena khas. Tiongkok dan Malaysia tidak bisa buat, karna berbeda batiknya. Batik dari Tiongkok kebanyakan produk cetak dan motifnya kurang berkembang. Sementara itu, batik Malaysia sangat berbeda dengan Indonesia. Batik sebenarnya cuma kita, tidak ada saingan. Malaysia coba-coba bikin batik, tapi mereka melukis, bukan membatik, beda sekali.

Batik bisa menjadi bahan baku bagi industri pakaian jadi dunia, meski produk jadi batik pun tetap punya peminat di luar negeri. Itu sebabnya pemerintah akan meningkatkan kemampuan perajin batik di dalam negeri. Kemenperin antara lain juga bakal menerapkan standar produk (untuk ekspor), membantu pengadaan mesin dan peralatan produksi, serta menggelar ajang promosi melalui pameran di dalam dan luar negeri.

Source https://beritagar.id/artikel/berita/batik-buatan-indonesia-memimpin-pasar-dunia beritagar.id
Comments
Loading...