Batik Brebes

0 461

Batik Brebes

Batik Brebes dikenal dengan sebutan Batik Brebesan atau Batik Salem yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Kabupaten Brebes dari 17 kecamatan yang ada, sentra perajin batik hanya terdapat di Kecamatan Salem. Terpusat di 2 desa yakni Bentar dan Bentarsari.

Pusat Batik Brebes berada di wilayah Salem yang yang secara geografis kecamatan itu berada di Brebes selatan dan yang dikembangkan lebih mencerminkan motif batik pedalaman dibandingkan batik pesisiran. Ciri khas batik Salem banyak dipengaruhi oleh batik Pekalongan dari pola buketannya, batik Surakarta dan Yogyakarta dari segi pewarnaan, bentuk pola, dan pilihan motif, serta batik Tegal dan batik Banyumas dari segi pewarnaan soga. Untuk pewarnaan batik Salem sendiri banyak didominasi oleh warna hitam, cokelat, dan putih dengan motif pada mulanya kopi pecah, manggar, dan ukel. Selain motif klasik seperti sidomukti, plataran ukel baris dengan teknologi bedesan. Walaupun kini perajin sudah menggunakan motif baru seperti bawang merah dan bebek yang disebut itik bawang.

Batik Salem mengalami permasalahan yang umum terjadi juga diwilayah pengrajin batik tradisional lainya. di antaranya kualitas pewarnaan agar tidak cepat luntur, pengayaan warna dan desain karena selama ini dominasi Batik Salem adalah sogan dengan desain yang cenderung mengikuti tradisi leluhur, dan proses pemasaran, karena selama ini pemasaran secara meluas baru terlaksana bilamana ada pameran.

Source Batik Brebes Batik
Comments
Loading...