Batik Bomba Palu

0 1.438

Batik Bomba

Palu sebuah kota sekaligus ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah. Asal usul nama kota Palu adalah kata Topalu’e yang berarti tanah yang terangkat, karena daerah ini adalah dataran tinggi. Kota Palu menyimpan banyak keindahan alam dan keberagaman budaya yang menjadi kekayaan bangsa.

Kota Palu, Sulawesi Tengah juga memiliki batik dengan ciri khas tersendiri. Dimana pada daerah ini mempunyai batik yang dikenal dengan nama Batik Bomba. Menariknya lagi, ternyata penamaan batik khas Palu dengan kata Bomba ternyata mempunyai makna yang berarti keterbukaan dan kebersamaan. Inilah yang tergambar pada masyarakat Kota Palu terbuka kepada siapa saja yang datang dan mengunjungi daerah ini.

Sejak dulu tradisi membuat batik dan menenun ternyata sudah ada. Namun dulu dalam membuat bomba menggunakan kain sutra yang kemudian ditenun dengan menggunakan alat tradisional sehingga menjadi batik. Proses pembuatannya pun menggunakan bahan tinta dari bahan tinta yang berasal dari tumbuh-tumbuhan kemudian menggunakan alat canting seperti di Jawa dan menggunakan cetakan dari kayu. Batik Bomba dari masa ke masa mengalami perkembangan, seperti mulai banyaknya kreasi motif-motif yang menggambarkan budaya, tanaman khas palu, dan kebiasaan orang palu yang kemudian digambarkan melalui motif-motif Bomba.

Pemerintah daerah Kota Palu terus mempopulerkan batik Bomba sebagai batik khas sehingga melekat di setiap kepala masyarakat bahwa batik Bomba layak dan pantas dijadikan tandamata kepada siapa saja yang datang ke daerah ini atau para wisatawan.

Source Batik Bomba Palu Batik Palu
Comments
Loading...