Batik Bolleches Khas Kediri

0 410
Batik Kediri

Batik Kediri pada dasarnya adalah pengembangan dari jenis-jenis batik yang ada di Indonesia. Masyarakat umumnya memang lebih banyak mengenal batik-batik yang berasal dari daerah di sekitar Jawa Tengah, seperti batik Solo, Pekalongan, dan Yogyakarta. Namun, sebenarnya ada beragam jenis batik yang ada di Indonesia bahkan hampir di setiap daerah dan memiliki ciri khas batiknya sendiri berdasarkan motif yang dikedepankan oleh pengrajinnya. Untuk batik Yogyakarta dan Solo kita kenal dengan motif yang berupa garis-garis abstrak yang memiliki arti tersendiri, sedangkan untuk batik Pekalongan biasanya mengedepankan motif bunga-bunga.

Batik Bolleches

Motif dari batik Kediri ini adalah berupa bulatan dan titik-titik dan biasa disebut “Batik Bolleches”. Batik Bolleches, yaitu motif unik batik yang berupa bulatan-bulatan dan titik-titik, diambil dari arti bolleches (Bahasa Belanda) artinya kumpulan titik-titik atau bola-bola kecil yang diaplikasikan dengan bunga tertentu atau motif legenda tertentu. Batik ini dibuat sekitar tahun 1980, setelah menggali dari sisi sejarah Kediri, peninggalan arkeologis, serta perkembangan masyarakat, akhirnya lahir Busana Kediren, berupa Batik Bolleches dengan nama Garuda Muka. Batik ini sangat dimintai karena motifnya yang elegen cocok dengan kepribadian warga Kediri yang lembut dan ramah. Kedua motif batik asli Kabupaten Kediri ini akan selalu berkembang sesuai perkembangan zaman.

Batik Kediri ini pun memiliki warna-warna yang cerah karena tidak melulu menggunakan warna coklat seperti batik-batik pada umumnya. Jadi, bagi kalian yang ingin tetap fashionable menggunakan batik bisa memilih menggunakan batik Kediri sebagai pilihannya. Nah, setelah mengetahui tentang batik Kediri ini semoga menjadi wawasan tersendiri untuk kalian dan tentunya untuk para pencinta batik Indonesia.

Source Batik Bolleches Khas Kediri Batik Kediri
Comments
Loading...