Batik Bokong Semar Khas Indramayu

0 528

Batik khas Jawa Barat, selain batik Cirebon yang sudah terkenal di seluruh Indonesia baik dalam maupun luar negeri dan berbagai motif batik lain yang diproduksi untuk mengenalkan kekhasan wilayah pasundan, adalah batik khas asal Indramayu Jawa Barat yang diberi label Batik Bokong Semar.

Motif Bokong Semar diklaim Pemerintah Indramayu salah satu motif yang mendapatkan hak paten. Motif ini berwarna dasar hitam dan ragamnya berhias warna warni atau hanya putih. Motif ini terinspirasi oleh tokoh pewayangan Semar yang memakai sarung atau kain berwarna hitam.

Tokoh Semar dikenal dalam dunia pewayangan berperawakan gemuk dan dinilai menggambarkan tokoh yang bijaksana. Selain itu, masyarakat mempercayai bahwa memakai motif ini melambangkan kebijaksanaan dalam tingkah lakunya. Pemerintah Daerah Indramayu menetapkan, setiap hari Kamis harus mengenakan pakaian batik khas Indramayu dengan motif Bokong Semar.

Bupati Indramayu Anna Sophana mengatakan, langkah ini bertujuan untuk mengenalkan warisan dan budaya leluhur berupa batik kepada masyarakatnya dan juga dunia luar. Adanya kebijakan menggunakan batik khas Indramayu ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian industri batik Indramayu yang masih tersebar di berbagai rumah dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wilayah Indramayu sebelumnya sudah dikenal dengan Batik Dermayon dan Batik Paoman. Batik Paoman hanya memiliki dua warna, yakni warna kain dan warna motif. Warna motif pun masih tradisional, seperti biru tua atau coklat tua. Kini warna-warna pada Batik Paoman lebih beragam.

Source Batik Bokong Semar Khas Indramayu Batik
Comments
Loading...