Batik Bojonegoro Motif Sekar Jati

0 1.070

Perkembangan batik Jonegoroan saat ini sudah mulai menunjukan kemajuan, peran Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam upaya mengenalkan batik Jonegoroan kepada mayarakat amat penting. Dengan cara mengikut sertakan batik Jonegoroan pada event pameran pada tingkat Provinsi dan Nasional diharapkan batik Jonegoroan akan lebih dikenal oleh para wisatawan yang berkunjung ke Bojonegoro.

Motif Sekar Jati

Tanaman jati, mulai dari akar, pohon  dan daun dapat dimanfaatkan. Kayunya merupakan bahan baku kerajinan mebel, kerajinan bubut kayu. Tunggak  dan akarnya (gembol) dapat diolah menjadi karya seni yang bernilai tinggi. Sekar (bhs.jawa) bunga, jati (pohon jati) sehingga memiliki makna tumbuh suburnya pohon jati di Kabupaten Bojonegoro selaras dengan perkembangan gerai-gerai kerajinan kayu jati (meubel,bubuk kayu, gembol) sebagai roda kemajuan dan kreativitas masyarakat Bojonegoro dalam memanfaatkan dan mengolah tanaman kayu jati agar dapat  meningkatkan kesejahteraan hidup.

Batik modern lebih banyak digemari masyarakat saat ini dari pada batik klasik. Dikarenakan batik modern memiliki banyak motif dan memiliki warna yang beragam. Dari kalangan remaja hingga orang tua banyak yang menyukai batik modern yang memiliki motif yang unik. Kabupaten Bojonegoro yang memiliki potensi alam yang dapat memberikian inspirasi bagi masyarakat Bojonegoro untuk menciptakan karya seni dalam bentuk motif batik yang beraneka ragam. Sehingga Batik Jonegaran diharapkan mampu menjawab dan memenuhi apa yang diinginkan oleh pasar.

Source Batik Bojonegoro Motif Sekar Jati Batik Bojonegoro
Comments
Loading...