Batik Bojonegoro Motif Rancak Thengul

0 312

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan suku dan kebudayaan. Sebagai warga Negara Indonesia harus bisa berbangga hati dengan keanekaragaman suku, budaya, adat istiadat, agama, dan kesenian yang begitu beraneka ragam. Salah satunya dalam bidang fashion. Indonesia terdapat kain bermotif yang tidak dapat dikunjungi di negara lain dan memiliki corak yang unik sekaligus menarik. Kain tersebut biasa kita sebut dengan kain batik. Corak dan motif batik Indonesia sendiri sangat banyak dan beragam dari masing-masing daerah, ada yang merupakan motif asli dari nenek moyang bangsa kita dan ada juga yang merupakan akulturasi dengan bangsa lain.

Motif batik khas daerah juga terdapat di Kabupaten Bojonegoro dengan batik yang biasa di sebut “Batik Jenegoroan”. Batik Bojonegoro cenderung mengutamakan makna yang terkandung dalam motif batik tersebut. Ini lah motif batik Bojonegoro yang diambil dari ikon tradisional yaitu Motif Rancak Thengul atau Wayang Thengul.

Motif Rancak Thengul

Wayang Thengul merupakan salah satu ikon kesenian tradisional yang masih hidup dan berkembang di Kabupaten Bojonegoro. Berbentuk tiga dimensi, terbuat dari kayu dengan aksesoris kain sebagai busananya. Dasar cerita, menak dan panji.

Gunungan atau kalpatarunya juga berbahan kayu dan bulu burung merak. Rancak Thengul mengandung arti seperangkat Rancak Thengul sebagai warisan kesenian tradisional di Bojonegoro akan selalu terjaga eksistensinya, menjadi ikon Bojonegoro, lebih dikenal, digemari masyarakat luas sekaligus sebagai bentuk pelestarian dan pengembangan salah satu warisan Pusaka Budaya (cultural heritage) Kota Bojonegoro. Harga untuk dapat memperoleh kain batik ini tidaklah mahal, untuk kain sutra harganya Rp. 125.000, kain dobi harganya Rp. 85.000, kain paris harganya Rp. 60.000, kain katun harganya Rp. 35.000, dan kain santung harganya Rp. 40.000 masing-masing kain dijual dengan panjang dan lebar sama yaitu 100 cm x 115 cm.

 

Source Batik Bojonegoro Motif Rancak Thengul Batik Bojonegoro Harga Batik
Comments
Loading...