Batik Bojonegoro Motif Pelem-pelem Sumilar

0 274

Batik Bojonegoro Motif Pelem-pelem Sumilar

Kabupaten Bojonegoro terletak di Propinsi Jawa Timur, yang wilayah bagian baratnya berbatasan dengan Kabupaten Blora Jawa Tengah. Kota Bojonegoro juga memiliki motif-motif batik yang khas dan asli buatan masyarakat Bojonegoro. Sebenarnya di Bojonegoro telah ada kesenian membatik yang telah lama menggema yaitu Batik Jumput dari Desa Prayungan Kecamatan Sumberrejo. Ada juga jenis Batik Madrim, nama Batik Madrim ini orang sudah banyak mengenal merupakan Patih dari Raja Angling Darma dari Kerajaan Malowopati yang petilasannya ada di Desa Wotan Ngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro.

Wilayah Bojonegoro merupakan sebuah kabupaten yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Kekayaan ini menginspirasi salah satu warga Bojonegoro yaitu Ibu Mafudho Suyoto untuk menjadikannya sebagai motif batik. Melalui lomba desain batik, maka terciptalah sembilan motif khas Batik Bojonegoro atau sering disebut Batik Jonegoroan. Sembilan motif Batik Jonegoroan merupakan gambaran dari potensi budaya dan alam Bojonegoro. Bagi para pecinta batik, bisa mendapatkannya di Kecamatan Temayang, Kecamatan Dander dan Purwosari. Salah satu motif batik yang ada di Bojonegoro adalah Motif Batik Pelem-pelem Sumilar.

Motif Batik Pelem-pelem Sumilar menggambarkan buah mangga yang dihasilkan di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Buah mangga yang ada di Kabupaten Bojonegoro utamanya berjenis mangga gadung. Mangga gadung dari Kabupaten Bojonegoro itu sudah sangat terkenal di kota-koa besar yang ada di Indonesia.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-bojonegoro/
Comments
Loading...