Batik Bojonegoro Motif Pari Sumilak

0 385

Batik Bojonegoro semakin banyak diminati oleh masyarakat Bojonegoro maupun wisatawan yang datang ke Kabupaten Bojonegoro. Produk ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh dari daerah yang mendapat julukan “Bumi Angling Dharma”. Usaha pembuatan batik yang tersebar di beberapa Kecamatan mulai meningkat. Saat event pameran dan lomba desain Batik Jonegoroan yang diselenggarakan beberapa bulan oleh berbagai pihak nampaknya mampu mecintrakan batik Jonegoroan untuk masyarakat lokal ataupun pendatang. Barbagai event kegiatan, batik Jonegoroan mulai digunakan sebagai kostum atau seragam pelajar di Kota ini. Terbukti bahwa pelajar Bojonegoro sangat cinta terhadap batik Jonegoroan, sehingga pada hari tertentu dalam seminggu pelajar menggunakan batik di sekolah. Salah satu motif batik yang termasuk batik Jonegoroan adalah Motif Pari Sumilak.

Motif Pari Sumilak

Kesuburan tanah (warna coklat) di bumi Angling Dharmo, sangat tepat apabila ditanami padi dan dibudidayakan secara maksimal sehingga mampu meningkatkan taraf hidup petani dan masyarakat Bojonegoro.

Pari (bhs.jawa) padi, sumilak (bhs jawa) sudah mulai menguning dan siap di panen,sehingga mempunyai makna padi yang sudah siap di panen di seluruh wilayah bojonegoro. Diharapkan ke depan Bojonegoro menjadi lumbung padi. Harga batik motif Pari Sumilak sangatlah terjangkau dengan jenis kain sutra harganya Rp.120.000, kain dobi dan paris harganya sama yaitu Rp. 75.000, kain katun harganya Rp. 30.000, dan kain santung harganya Rp. 35.000. Masing-masing kain ini dijual dengan panjang dan lebar sama 100 cm x 115 cm.

Source Batik Bojonegoro Motif Pari Sumilak Batik Bojonegoro Harga Batik
Comments
Loading...