Batik Bojonegoro Motif Parang Lembu Sekar Rinambat

0 236

Kerajinan Batik merupakan salah satu khasanah yang penting bagi kebudayaan nasional Indonesia. Batik ada semenjak dahulu kala. Batik memiliki suatu makna historis tertentu atau makna simbolik yang tergambar lewat motifnya. Motif batik mengandung makna simbolik tentang hidup dan kehidupan manusia serta kompleksitas nilai-nilai kultural yang tinggi. Kebudayaan batik di Indonesia diakui ditingkat Internasional pada 2 Oktober 2009. Kebanggaan atas budaya leluhur tidak lengkap apabila tidak ada upaya sistematis untuk melestarikanya. Karena itulah masyarakat Bojonegoro mengapresiasi dengan menunjukkan wujud kreasi mereka terhadap kebudayaan batik nasional melalui batik khas Bojonegoro yang memiliki kararkteristik kultural khas Bojonegoro. Batik Bojonegoro memiliki 9 motif yang terkenal salah satunya Motif Parang Lembu Sekar Rinambat.

Motif Parang Lembu Sekar Rinambat

Batik Bojonegoro motif Parang Lembu Sekar Rinambat, sapi yang ditambatkan di kandang berbentuk barisan miring dengan kombinasi warna hitam-putih menggambarkan di masa mendatang Kabupaten Bojonegoro akan menjadi pusat pengembangan peternakan sapi.

Parang lembu (deretan sapi yang ditambatkan) membentuk barisan miring. Sekar Rambet (bunga yang selalu merambat tanpa batas). Batik ini bermakna jika Kabupaten Bojonegoro dikenal harum karena peternakan sapinya sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar sekaligus dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Untuk dapat memperoleh motif batik ini tidak terlalu mahal harganya untuk jenis kain sutra harganya Rp. 125.000, kain dobi harganya Rp. 85.000, kain paris harganya Rp. 60.000, kain katun harganya Rp. 35.000, dan kain santung harganya Rp. 40.000. Masing-masing jenis kain sama dijual dengan panjang 100 cm dan lebar 115 cm.

Source Motif Parang Lembu Sekar Rinambat Batik Bojonegoro Harga Batik
Comments
Loading...