Batik Bojonegoro Motif Gatra Rinonce

0 223

Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Timur, yang wilayah bagian baratnya berbatasan dengan Kabupaten Blora Jawa Tengah. Kabupaten Blora tak hanya dikenal dengan sebutan Kota Ledre karena makanan ringan khas yang banyak diproduksi di Bojonegoro. Kota Bojonegoro juga memiliki motif-motif batik yang khas dan asli buatan masyarakat Bojonegoro. Sebenarnya masyarakat Bojonegoro sudah mengenal kesenian membatik yang telah lama menggema yaitu Batik Jumput dari Desa Prayungan Kecamatan Sumberrejo. Ada juga jenis Batik Madrim, nama Batik Madrim ini orang sudah banyak mengenal merupakan Patih dari Raja Angling Darma dari Kerajaan Malowopati yang petilasannya ada di Desa Wotan Ngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Salah satu motif batik yang khas dari Bojonegoro adalah Motif Gatra Rinonce.

Batik Bojonegoro Motif Gatra Rinonce

Batik Bojonegoro Motif Gatra Rinonce merupakan visualisasi perpaduan RIG (alat mengambil minyak) minyak gas bumi digambarkan sulur dan bunga, dimana satu dan lainnya saling berhubungan dalam satu kesatuan bentuk. Warna hijau dan kuning melambangkan kemakmuran, kemuliaan, dan keindahan.

Ga (Gas) Tra (Patra) minyak, Rinonce (ditata satu persatu), dirangkai menjadi satu kesatuan yang utuh dan indah sehingga bermakna adanya gas minyak bumi, apabila dikelola dengan baik dan tetap menjaga keseimbangan dan kelestarian alam dan dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat manusia, dapat meningkatkan taraf hidup, harkat dan martabat Bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Bojonegoro.

 

Source Batik Bojonegoro Motif Gatra Rinonce Batik Bojonegoro
Comments
Loading...