Batik Bogor Yang Kian Digemari

0 132

Batik Bogor Yang Kian Digemari

Istri Walikota Bogor, Fauziah Diani Budiarto, mengatakan bahwa batik khas Kota Bogor bukan hanya tersebar di Bogor saja, akan tetapi sudah tersebar di beberapa kota di tanah air. Bahkan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) sudah memak yang menyebabkan batik Kota Bogor disukai warga luar Bogor, karena pengrajin batik giat mengikuti pameran batik tingkat Provinsi maupun tingkat nasional. Kehadiran di pameran ini, secara perlahan-lahan membuat batik Kota Bogor mulai dikenal masyarakat luar Kota Bogor.

Batik tradisiku mengusung motif yang berciri khas Kota Bogor, seperti Kijang, Kujang, Hujan, Bunga Bangkai, Bunga Teratai, Daun Talas dan lain-lain. Motif andalanya yakni kujang, kijang sebagai perlambang ketentraman dan keamanan Kota Bogor menghadap empat penjuru yang siap mengamankan Kota Bogor dan hujan gerimis sebagai wujud Kota Bogor yang kerap disebut sebagai Kota Hujan.

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan kepada masyarakat Kota Bogor agar memakai Batik Kota Bogor. Terutama perusahaan-perusahaan di Kota Bogor agar karyawannya memakai baju baik Kota Bogor setiap satu minggu sekali. Siswaya selaku pimpinan Galeri Batik Kota Bogor, menuturkan, batik yang sudah tersebar itu ada dua macam, yakni Batik Tradisional dan Batik Modern. Batik tradisional itu dibuat berdasarkan cerita dan sejarah. Sedangkan, batik Modern itu sesuai dengan bakat para pengajin tersebut.

Source https://finunu.wordpress.com/ https://finunu.wordpress.com/2011/05/02/batik-bogor-yang-kian-digemari/
Comments
Loading...