Batik Bogor Tradisiku Rambah Pasar Mancanegara

0 40

Batik Bogor Tradisiku Rambah Pasar Mancanegara

Batik Bogor Tradisiku sudah mulai merambah pasar mancanegara dengan mempromosikan sejumlah karyanya di beberapa negara seperti China, Thailand dan Jepang. “Saat ini kita sedang ada kerja sama dengan Jepang, dimana kita diminta untuk menciptakan motif batik khusus untuk dipasarkan di Jepang,” kata Lisha Luthfiana Fajri, pengelola Industri Kecil Menengah (IKM) Batik Bogor Tradisiku. Kerja sama dengan Jepang terbentuk dari kerja sama antara Kementerian Perindustrian Indonesia dan Jepang. Batik Bogor Tradisiku satu dari tiga perwakilan Indonesia dalam pameran batik di Jepang. Dalam pameran tersebut Kementerian Perdagangan Jepang meminta pengrajin batik Indonesia untuk merancang sebuah model khusus untuk pasar di Negeri Sakura tersebut.

Keinginan Pemerintah Jepang untuk menggunakan batik berawal setelah gempa yang menyebabkan pembangkit tenaga nuklir di sana rusak. Akibat kebocoran nuklir tersebut cuaca di Jepang menjadi panas,  sehingga masyarakatnya membutuhkan pakaian yang dapat menangkal udara panas. Saat ini Batik Bogor Tradisiku mencoba merancang satu motif batik yang khusus untuk pasar Jepang yang disesuaikan dengan selera masyarakat setempat. Selain Jepang, Batik Bogor Tradisiku sudah lebih dulu menjajaki kerja sama dengan China dan Thailand. Beberapa produk batik milik Batik Bogor Tradisiku telah diperkenalkan di dua negara tersebut.

Batik Bogor Tradisiku merupakan karya kreatifitas Siswaya, warga Kota Bogor asal Jogjakarta. Siswaya menciptakan Batik Bogor Tradisiku sejak 2008, saat itu ia meluncurkan dua motif batik yakni Kujang Kijang dan Hujan Gerimis. Dua motif ini menjadi “icon” batik asal Kota Bogor. Yang sudah diresmikan oleh Pemerintah Kota Bogor. Hingga kini, Batik Bogor Tradisiku telah menciptakan puluhan motif batik khas Kota Bogor. Di tahun ke empat Batik Bogor Tradisiku meluncurkan empat motif batik yakni Batu Tulis, Kembang Sempur, Teratai dan Taleus Bogor. Batik Bogor Tradisiku memiliki showroom, workshop dan galeri yang tersebar di Kota Bogor. Dengan jumlah pekerja lebih dari 25 orang, Batik Bogor Tradisiku mampu memenuhi kebutuhan batik untuk Kota Bogor. Pasar Batik Bogor Tradisiku selain masyarakat umum, juga kalangan perkantoran, instansi pemerintahan, sekolah, non pemerintahan dan perguruan tinggi.

Jenis produksi Batik Bogor Tradisiku berupa batik tulis, cap, kombinasi tulis dan cap serta printing (textil motif batik). Dalam sebulan Batik Bogor Tradisiku mampu memproduksi 50 batik tulis, 450 batik cap dan 1.100 meter batik printing. Batik Bogor Tradisiku juga rutin mengikuti pameran industri baik diadakan oleh Pemerintah Daerah maupun Nasional. Pada 1 Oktober kemarin, Batik Bogor Tradisiku mendapat penghargaan Gugus Kendali Mutu (GKM) 2012 dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor.

Source https://megapolitan.antaranews.com/ https://megapolitan.antaranews.com/berita/3003/batik-bogor-tradisiku-rambah-pasar-mancanegara
Comments
Loading...