Batik Bogor di Jual Hingga Amerika dan Eropa

0 87

Batik Bogor di Jual Hingga Amerika dan Eropa

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bogor Yane Ardian Bima Arya mengimbau untuk para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Bogor untuk kompak menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). IKM yang telah maju diminta membantu pelaku IKM lainnya. “Teruslah berinovasi dan berkreasi serta tingkatkan kualitas agar dapat bersaing baik tingkat regional nasional dan internasional,” kata Yane.

Pendiri Batik Bogor Tradisiku, Siswaya, mengatakan IKM miliknya telah bekerja sama dengan pelaku IKM lain. Sejak 2008 hingga saat ini, terdapat 10 binaan mandiri yang telah tersebar di seluruh Kota Bogor. IKM batik lain akan muncul dan berkembang di Kota Bogor. Dengan demikian, kerajinan batik sebagai warisan budaya dapat berkembang sebagai industri yang mumpuni. “Saya memiliki misi menjadikan Batik Bogor Tradisiku sebagai salah satu sentra tradisi batik yang menjadi salah satu destinasi ketika mengunjungi Kota Bogor,” ujar Siswaya.

Manajer Operasional Batik Bogor Tradisiku, Lisha Luthfiana Fajri mengatakan, IKM batik yang ia kelola mengantongi banyak prestasi dan telah diakui di kancah dunia. Pada tahun 2012/2013, bersama Pekalongan dan Jakarta, Batik Bogor Tradisiku berpartisipasi dalam kerja sama batik Indonesia-Jepang. Selain itu, Batik Bogor Tradisiku telah menjalin kerja sama dengan kota-kota yang tersebar di Amerika Serikat, Asia, Eropa, Australia, dan Afrika dan sudah melakukan penjualan kesana. Pada lingkup nasional, prestasi yang dicapai antara lain Penghargaan Industri Hijau 2015, Anugerah Inovasi Jawa Barat 2015, dan Juara Satu Gugus Kendali Mutu 2013.

Source http://transbogor.co/ http://transbogor.co/read/7420/14/1/2016/batik-bogor-di-jual-hingga-amerika-dan-eropa
Comments
Loading...