Batik Blora Motif Sate

0 357

Batik Blora Motif Sate

Hampir di sejumlah daerah yang ada di Jawa Tengah memiliki motif batik khas masing-masing, termasuk Kabupaten Blora juga memiliki batik tulis khas. Meskipun belum setenar daerah lainnya, batik khas Blora juga mulai diminati konsumen dari berbagai daerah di Tanah Air. Bahkan, wisatawan mancanegara juga mulai tertarik dengan motif batik khas Blora. Motif Batik Blora sangat kental dengan budaya lokal sehingga batik Blora berbeda dengan motif daerah lainnya. Selanjutnya Pemda setempat mendesain Batik Blora yang mengusung kekhasan Blora salah satunya yang dituangkan ke dalam motif batik adalah Motif Sate.

Motif Sate merupakan motif khas yang terdapat dalam Batik Blora. Dimana sate merupakan salah satu menu makanan yang bisa dijumpai dengan sangat mudah, mulai dari daerah pedesaan hingga kota-kota besar. Kalau pada umumnya dijumpai para pedagang sate ayam khas Madura, tapi di daerah Blora memiliki sate ayam khas kota ini. Sate Ayam Blora memiliki keunikan tersendiri karena pada saat selesai makan tidak dihitung per porsi tetapi dihitung berapa banyak jumlah lidinya.

Dari itulah makanan khas Blora yaitu sate ayam dijadikan untuk motif dalam batik Blora. Harapan dibuatnya Motif Sate supaya sate Blora dapat dikenal oleh masyarakat luar Kota Blora sebagai makanan khas Kota Blora. Batik Blora memiliki variasi harga jual. Batik cap dijual dengan harga Rp. 100.000 per potong sedangkan batik tulis dijual dengan harga Rp. 150.000-200.000 per potong.

Source http://www.widyasari-press.com/ http://www.widyasari-press.com/index.php?option=com_content&view=article&id=479:corak-batik-dan-maknanya-dalam-budaya-masyarakat-blora&catid=68:vol-17-no-4-september-2015-seri-v https://fitinline.com/article/read/batik-blora/
Comments
Loading...