Batik Blora Motif Barongan

0 391

Hampir sejumlah daerah di Jawa Tengah memiliki motif batik khas masing-masing, termasuk Kabupaten Blora juga memiliki batik tulis khas. Meskipun belum setenar daerah lainnya, batik khas Blora juga mulai diminati konsumen dari berbagai daerah di Tanah Air. Bahkan, wisatawan mancanegara juga mulai tertarik dengan motif batik khas Blora. Motif-motif batik khas Blora umumnya hampir sama dengan motif batik Surakarta, yaitu kembang manggar, semen romo (sulur-sulur kembang), dan lar (bulu). Selanjutnya, dikembangkan motif batik khas Blora, seperti motif daun jati dan mustika yang mengandung filosofi hidup dan etos kerja.

Batik Blora mulai diperkenalkan tahun 2008, sebagai simbol potensi Blora yang 40% luasan wilayahnya merupakan hutan jati. Selanjutnya, tahun 2009 Pemda setempat mendesain batik mustika yang mengusung kekhasan Blora. Salah satu motif yang terinspirasi dari budaya khas Blora adalah Motif Barongan.

Motif Barongan

Motif Barongan menggambarkan tentang salah satu seni rakyat di Blora. Rupa sang Barong ditampilkan dari tampak depan, dengan penegasan pada garis – garis mata dan ekspresi wajah sang Barong.

Barongan menggambarkan kisah perjalanan Prabu Kelana Sewandana, seorang raja dari kerajaan Bantarangin dalam meminang Dewi Sekartaji, putri kerajaan Kediri. Seni Barong sangat populer dalam kehidupan masyarakat desa di Kabupaten Blora. Motif Batik Blora sangat kental dengan budaya lokal sehingga Batik Blora berbeda dengan motif maupun corak dengan daerah lainnya.

Source Batik Blora Motif Barongan Batik Motif
Comments
Loading...