Batik Blora Go Internasional

0 68

Batik Blora Go Internasional

Kerajinan batik yang ada di Blora berkembang cukup pesat. Dalam jangka waktu hanya setahun saja, kain batik karya perajin batik di Blora telah menembus pasar luar negeri. Salah seorang pengusaha batik Blora, Hj Hurip Indiani, mengungkapkan pemasaran batik Blora ke luar negeri awalnya hanya melalui sejumlah warga negera Indonesia yang kebetulan pulang. Sebelum balik ke luar negeri seperti Malaysia, Cina dan Amerika, mereka terlebih dahulu membeli batik Blora.

Untuk pasar luar negeri rata-rata setiap bulan bisa melempas sekitar 100 potong batik berbagai tipe dan harga. Untuk pasar regional seperti antar kota dia mengaku juga setiap minggu ada permintaan seperti dari Malang, Surabaya atau kota lain di Jawa. Dengan pasar yang semakin terbuka ini, berharap didukung oleh pemerintah. Misalnya soal hak paten desain batik. Sebab saat ini belum ada hak patenatau motif khusus yang dipatenkan sebagai motif khas Blora.

Anik mengatakan, di galerinya saat ini tersedia lebih dari 20 motif batik khas Blora. Setiap motif ada beberapa variasi yang bisa dipilih konsumen. Konsumen juga bisa memilih produk batik sesuai selera, ingin batik tulis atau batik cap tentu dengan harga yang berbeda. Banyaknya pilihan itulah yang menjadikan galeri yang dia buka di rumahnya di jalan Nusantara itu kerap didatangi tamu penting. Beberapa hari lalu istri menteri Energi dan Sumber Daya Mineal (ESDM) Jero Wacik juga singgah.

Source http://dedisuharto.blogspot.co.id/ http://dedisuharto.blogspot.co.id/2012/02/batik-blora-go-internasional.html
Comments
Loading...