Karakteristik Batik Blitar

0 362

Kain batik yang dihasilkan oleh masyarakat Blitar secara keseluruhan tidak kalah bagus dengan batik tulis dari daerah lain. Batik Blitar sendiri umumnya memiliki kekhasan corak tersendiri yang berbeda satu-sama lain, baik dari segi motif, ragam hias, dan juga warnanya yang disesuaikan dengan sumber daya alam dan lingkungan yang ada di daerah tersebut.

Ornamen Utama

Kain batik Blitar memiliki Ornamen utama yaitu berupa hewan dan tumbuhan yang menjadi ikon desa atau komoditi dagang di daerah Blitar. Sebut saja bunga kenanga dan ikan yang sering dijumpai di kabupaten Blitar. Motif ikan koi dan ikan gurami merupakan contoh ornamen utama yang memiliki sumber ide dari potensi daerah kabupaten Blitar dibidang perikanan.

Ornamen Pendukung

Ornamen pendukung yang ada di kain batik Blitar didominasi oleh tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan ini dapat diwujudkan dengan motif bunga, batang dan daun yang cenderung lebih kecil dari ornamen utama.

Isen-Isen

Isen-isen yang digunakan dalam batik Blitar umumnya memiliki ragam isen yang tidak terlalu banyak, beberapa diantaranya yaitu isen cecek dan sawut.

Warna Batik

Kain batik yang dihasilkan oleh masyarakat Blitar cenderung didominasi warna-warna gelap seperti biru tua, merah tua, hitam, coklat dan hijau. Dalam proses pewarnaannya batik di kawasan Blitar masih banyak menggunakan zat pewarna tekstil sebagai pewarna batik meski beberapa juga menggunakan zat pewarna alam.

Source Batik Blitar Batik
Comments
Loading...