infobatik.id

Batik Blitar Motif Singo Barong

0 40

Batik Blitar Motif Singo Barong

Batik merupakan salah satu budaya Indonesia warisan nenek moyang kita, sangatlah ironis sekali bila batik akhirnya di akui menjadi budaya milik orang lain, dalam membuat batik, urat urat batik mengandung banyak sekali filosofi filosofi kehidupan yang berarti dalam perjalanan hidup manusia. Batik yang berasal dari Kabupaten Blitar yang sekarang ini mulai banyak diminati masyarakat seluruh Blitar. Batik Blitar disamping memiliki nilai estetik yang ditampilkanya cukup tinggi juga terkandung nilai budaya dalam karya yang tampak jelas sehingga Batik Tulis Tradisional Kabupaten Blitar ini merupakan suatu produk yang memiliki kekhasan tersendiri.

Keberadaan profesi pengrajin batik tulis tradisional sekarang ini merupakan pekerjaan yang telah banyak ditinggalkan banyak orang karena pekerjaan pengrajin batik dianggap tidak menjanjikan tidak sebanding dengan keuntungan yang didapat. Batik tulis khas kabupaten blitar mulai berkembang pesat dari puluhan motif yang ada terdapat sejumlah motif yang paling laris dimintai masyarakat salah satunya Motif Batik Singo Barong.

Motif Singo Barong memiliki makna sebagai simbol pakaian batik adat untuk berperang mempertahankan sebuah kekuasaan. Jika mengenakan Batik Motif Singo Barong ini, maka si pemakai akan mempunyai aura wibawa tinggi untuk memimpin sebuah kekuasaan atau organisasi apapun. Motif Singo Barong ini biasanya dipakai oleh para pejabat pejabat tinggi atau seorang pemimpin dalam suatu perusahaan.

Source Batik Blitar Motif Singo Barong Batik Makna
Comments
Loading...