Batik Blitar Motif Sajiwo

0 196

Batik Blitar Motif Sajiwo

Batik tulis yang berasal dari Kabupaten Blitar sekarang ini mulai banyak diminati masyarakat, sebab disamping nilai estetik yang ditampilkanya cukup tinggi juga kandungan nilai budaya dalam karya ini tampak jelas sehingga batik tulis tradisional kabupaten blitar ini merupakan suatu produk yang memiliki kekhasan tersendiri.

Keberadaan profesi pengrajin batik tulis tradisional sekarang ini merupakan pekerjaan yang telah banyak ditinggalkan banyak orang karena pekerjaan pengrajin batik dianggap tidak menjanjikan tidak sebanding dengan keuntungan yang didapat. Batik tulis khas kabupaten blitar mulai berkembang pesat dari puluhan motif yang ada terdapat sejumlah motif yang paling laris dimintai masyarakat salah satunya Motif Sajiwo. Motif ini merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh sentra batik yang ada di Blitar yaitu Batik Zakia.

Batik Sajiwo

Batik Sajiwo memiliki motif Daun jati kering yang menggambarkan 2 penyamaran manusia. Motif yang menggambarkan cerita cinta dan kesetiaan eyang jugo kepada murid kinasihnya, hingga meninggalnyapun di jadikan satu pemakaman (dengan eyang sujono) atau dua hati satu jiwa (sajiwo).

Source http://seribubudaya1000.blogspot.co.id/ http://seribubudaya1000.blogspot.co.id/p/batik-blitar.html http://batikzakia.com/
Comments
Loading...