Batik Blitar Motif Koi Penataran

0 445

Motif Koi Penataran

Motif Koi Penataran merupakan simbol pakaian batik yang mempunyai arti kesuburan, kebahagiaan, keakrapan sesama manusia. Seseorang yang memakai Motif kain ini berarti seseorang tersebut mempunyai jiwa bergotong royong dan saling membantu kepada sesama manusia tanpa pamrih atau ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. Motif Koi Penataran ini biasanya dapat dipakai oleh semua kalangan masyarakat.

Banyak pesanan yang datang secara khusus bahkan ada juga yang meminta dibuatkan motif tertentu sesuai keinginan pemesan, saat pembuatannya dan pengerjaan desainya pengrajin memegang sentral namun tetap berdiskusi dengan teman-temannya dalam berkreasi. Dan dalam memenuhi kebutuhan bahan baku batik seperti kain dan pewarna mengambil dari balai besar batik Yogyakarta, kabanyakan untuk pewarna yang bagus dan kuat masih diimport dari Jerman namun adib membelinya di gondanglegi malang.
Bahan-bahan pewarna yang diimport dari jerman itu sebenernya bahan baku dan buku cara pembuatan batik berasal dari jawa, akibat adanya penjajahan belanda di Indonesia maka buku-buku sejarah termasuk batik semua ada di Belanda dan Jerman. Selama ini produksi batik Joyo Kusuma berdasarkan pesanan dan belum memiliki keinginan untuk memproduksi secara masal, masih mempertahankan ekslusifitasnya, tawaran banyak datang dari mana-mana untuk mengisi butik-butik besar di jakarta, selama masih bisa mempertahankan dan mengangkat ciri khas daerah maka orang-orang akan datang ke Kabupaten Blitar.
Source Batik Blitar Motif Koi Penataran Batik Blitar
Comments
Loading...