Batik Bintang Arut

0 71

Batik Bintang Arut

Batik Bintang Arut merupakan regenerasi dari Batik Sekar Niem. Batik Bintang Arut adalah usaha turun temurun, yang sekarang dikelola oleh Muchayatun sebagai pemilik usahanya. Pada saat dikelola oleh orang tua, perusahaannya bernama Batik Sekar Niem, dan pada waktu itu Batik Sekar Niem merupakan home industry yang sudah mempunyai nama diantara home industry lainnya yang terdapat di sentra Batik Paoman Indramayu. Kemudian setelah Batik Sekar Niem dikelola oleh Muchayatun, nama PT Sekar niem diganti menjadi Batik Bintang Arut.

Nama Batik Bintang Arut ini tidak memiliki makna atau arti khusus yang melatarbelakanginya, nama Bintang Arut tercetus dengan sendirinya, kemudian nama tersebut dijadikan sebagai nama usaha batiknya. Muchayatun pemilik usaha Bintang Arut ini memulai usahanya dari tahun 2008. Usaha yang digelutinya berhasil dan berkembang, karena pemilik usaha selalu memaksimalkan usaha dengan cara mengikuti perkembangan zaman (trend) dan sering mengikuti pameran-pameran yang diadakan diberbagai daerah di Indonesia bahkan di luar negeri.

Selain mengikuti pameran, pemilik usaha mempromosikan produknya dengan cara membuat showroom. Letak showroom Batik Bintang Arut yaitu di Jalan Kopral Yahya 120 Paoman Utara Indramayu. Suasana showroom Batik Bintang Arut didesain secara minimalis, sentuhan interior yang bersifat klasik dan tertata rapih terasa nyaman bagi pengunjung. Produk-produk yang dipajang di showroom, diantaranya yaitu kain jarik dan baju, dengan menggunakan teknik batik tulis dan cap. Produksi tiap bulannya bisa mencapai 600 sampai 800 kain batik, baik batik cap maupun batik tulis. Gambar berikut adalah suasana showroom Batik Bintang Arut.

Source http://eprints.uny.ac.id/23080/1/Tity%20Sari%20Handayani%2008207241005.pdf
Comments
Loading...