Batik Betawi Siap Melenggang di Indonesia Moskow 2018

0 8

Batik Betawi Siap Melenggang di Indonesia Moskow 2018

Batik Betawi kiprahnya tak hanya terkenal di Tanah Air saja. Tak disangka, banyak negara yang sudah mengenal berbagai motif batik unik tersebut.

Salah satu desainer batik Betawi yang kerap membawa karyanya ke luar negeri ialah Lily Mariasari Widjaja. Bukan untuk pertama kalinya, dia memboyong batik di ajang peragaan busana bertaraf Internasional.

Bisa mengenalkan seni dan budaya Tanah Air merupakan kebanggaan tersendiri. Kebetulan awal Agustus nanti, ia akan membawa Batik Betawi di ajang Indonesia Moscow 2018.

Dia mengatakan, event tersebut sudah kedua kalinya dihelat. Di samping urusan bisnis, sepertinya mengenalkan seni dan budaya Indonesia ke mata dunia adalah satu kesempatan yang tak boleh terlewatkan.

“Di ajang ini, saya ingin membantu memperkenalkan seni budaya Jakarta dan hasil karya para pengrajin batik,” ujarnya.

Dia memang selalu fokus ingin mengenalkan Batik Betawi di mata dunia. Sejak dulu banyak, Lily selalu berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan pameran atau peragaan busana. Nah, supaya kain Batik Betawi diminati orang asing, dia membuat busana-busana sesuai tren mode kekinian. Dia kerap membuat pakaian seperti coat.

Adapun bahannya, Lily menggunakan kain batik tulis katun, bulu, kulit, hingga tambahan aksesori payet. Sedangkan untuk motif batik yang sering dibawa ke luar negeri ialah Batik Betawi Pesisir, Bango Tilil, Tarum, dan Silingkit. Beberapa jenis itu bahkan jadi motif baru yang mulai diperkenalkan.

“Alhamdulillah, karena saya sering perkenalkan Batik Betawi ke luar negeri, beberapa orang mulai meliriknya. Saya sudah mulai dipercaya untuk berpartisipasi dalam beberapa kegiatan besar,” ucapnya.

Source https://lifestyle.okezone.com https://lifestyle.okezone.com/read/2018/07/28/194/1928691/batik-betawi-siap-melenggang-di-indonesia-moskow-2018
Comments
Loading...