infobatik.id

Batik Betawi dan Perkembangannya

0 35

Batik Betawi dan Perkembangannya

Batik yang berkembang di daerah Betawi merupakan batik yang dibawa oleh para pengusaha batik yang berasal dari Jawa Tengah. Kemajuan perdagangan yang ada di wilayah Jakarta ini membuat para pengusaha tersebut kemudian menetap dan memilih untuk membuat batik dengan motif milik mereka di kota itu. Dengan begitu mulailah berkembang Motif Batik yang sesuai dengan keadaan lingkungan dan juga budaya masyarakat Betawi.

Batik yang menggunakan Motif Batik Pesisir merupakan wilayah yang mempunyai lingkungan yang hampir sama dengan daerah Betawi yang juga terletak di daerah pesisir pantai. Dengan lingkungan yang hampir mirip ini, batik dengan motif daerah pesisir cukup banyak disukai oleh masyarakat daerah tersebut. Batik yang ada dan dibuat di kota ini memiliki ciri yang membedakan mereka dengan yang lain yaitu kain sarung yang memperlihatkan motif khas batik Tumpal. Motif batik ini memiliki bentuk motif berbentuk segitiga yang berbentuk seperti pagar pada bagian atas kain dan juga badan kain.

Kain batik yang dibuat oleh masyarakat di daerah Betawi ini memiliki aturan tertentu dalam pemakaiannya yaitu Motif Batik Tumpal harus berada di depan ketika dipakai. Selain itu ada juga motif burung Hong yang merupakan salah satu Motif Batik Betawi yang memiliki makna sebagai pembawa kebahagiaan bagi masyarakat. Daerah Betawi ini, Motif Batik yang berkembang di daerah ini merupakan motif yang terpengaruh oleh kesenian dan juga budaya Betawi. Pengaruh budaya luar seperti dari budaya Arab, India dan juga Cina pada kesenian dan juga budaya masyarakat Betawi juga memberikan pengaruh yang cukup banyak dalam Motif Batik yang berkembang di kota ini. Motif Batik yang berkembang di di daerah ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Motif Batik Ondel-Ondel, Motif Batik Ciliwung, Motif Batik Salakanegara, Motif Batik Rasamala dan Motif Batik Nusa Kelapa.

Source Batik Betawi dan Perkembangannya Batik
Comments
Loading...