infobatik.id

Batik Betawi, Batik Khas Jakarta yang Tak Mengenal Pakem

0 11

Batik Betawi itu tidak ada pakem, tidak ada aturannya. Warna hijau harus cowok, warna biru untuk apa, itu enggak (berlaku), semua lapisan masyarakat bisa pakai Batik Betawi. Hal ini tentu berbeda dengan Batik Solo atau Yogyakarta yang setiap coraknya mempunyai fungsi masing-masing. Dalam Batik Solo dan Yogya, batik untuk pernikahan dan kematian pun mempunyai corak berbeda. Tidak adanya pakem dalam Batik Betawi, kata Dimas, membuat Batik Betawi dapat digunakan kapan pun, di mana pun, dan oleh siapa pun. Batik Betawi itu bebas, selagi warnanya cocok, warnanya bagus, pasti bisa dipakai.

Keunikan lain yang dimiliki Batik Betawi, kata Dimas, adalah corak atau gambar yang dimuat di kain batik dapat lebih bebas dan tidak kaku. Artinya, segala macam gambar boleh dimasukkan ke sana. Terutama, hal-hal yang berhubungan dengan Jakarta atau kebudayaan Betawi seperti Ondel-ondel, Monas, hingga gambar berbagai alat musik tradisional.

Kalau untuk Batik Betawi, aku rasa tidak ada yang sulit karena semua gambarnya bebas. Bebas mereka mengekspresikannya selama dibuat menggunakan canting. Prinsip yang dimaksud Dimas adalah pola yang berulang-ulang serta masalah tata letak.  Dia tetap mengikuti basic desain, contohnya pattern-nya berulang-ulang dan tatak letaknya di-layout lurus. Cuma dia ditambah gambar tanaman khas Jakarta. Corak yang bebas dalam Batik Betawi tak berarti batik tersebut tidak memiliki corak khasnya. Dimas mengatakan, pola pucuk rebung merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki Batik Betawi. Menurut Dimas, pola pucuk rebung itu mempunyai filosofinya. Lewat pola tersebut, orang yang menggunakan kain itu diharapkan mempunyai sifat seperti rebung.

Rebung itu kan bambu muda. Mulai dari muda dia bermanfaat, kalau sudah gede dia bermanfaat juga. Jadi, filosofinya itu manusia mulai dari kecil sampai mati itu bermanfaat bagi orang lain. Kebanyakan sekarang pada mengikuti kemauan konsumen. Misal Batik Betawi warna merah ingin dibikin warna oranye itu bebas. Kalau orang bilang, Batik Betawi itu warnanya warna ‘norak’, warna ngejreng.

Source https://megapolitan.kompas.com/read/2018/05/31/17114751/batik-betawi-batik-khas-jakarta-yang-tak-mengenal-pakem megapolitan.kompas.com
Comments
Loading...