Batik Betawi Asal Punyanya Jakarta Nih

0 49

Di jakarta liat ondel ondel udah biasa.kalian coba liat kampung batik betawi terongong yang motifnya asli khas jakarta. Jangan pikir jakarta tidak punya kain batik seperti solo dan perkalongan.pada jaman dahulu kala pada penjajahan belanda, kain batik betawi sudah ada di jakarta.bagaimana sejarah kain batik betawi? oke pendiri kampung batik tergolong akan menceritakan sejarahnya.

Jaman dahulu kain batik Jakarta bukan kain batik betawi. Motifnya pun berbeda dengan jaman sekarang , motif dulu kebanyakan gigi buaya, kain betumpal pucuk rebung dan burung hong yang sudah tidak ada. Yang mendirikan kampung batik di Jakarta melanjutkan industri pengrajin kain batik jakarta tidak perbolehkan pemerintah dan akhirnya gulung tikar.alasan pemerintah jakarta tidak memperbolehkan karena mencemarkan lingkungan.

Kain batik betawipun sudah tidak ada lagi sampai tahun 2012. Ada pemprov DKI Jakarta tiba-tiba membuka mata dan berkerjasama Lembaga kebudayaan betawi lalu kain batik madura muncul lagi. Setelah itu pendiri kampung kain batik jakarta patungan dengan sodara sodaranya , untuk mendirikan lagi kampung kain batik Jakarta.

sudah tiga tahun, sampai sekarang kampung batik ini sudah memiliki 7 orang pengrajin batik.di bawah ini contoh motif kain batik betawi. Motif diatas kain batik betawi , yang gambarkan kebudayaan betawi adanya pengantin betawi, ondel ondel, musik tradisional. Harga kain batik betawi dijual kisaran harga 120 ribu – jutaan rupiah. Kain batik tulis memang lebih mahal dari batik cap. Ada pun produk lain contohnya dompet dengan motif batik khas betawi.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/batik-betawi-asal-punyanya-jakarta-nih
Comments
Loading...