Batik Berumur 100 Tahun Ditawarkan Rp 100 Juta

0 131

Batik Berumur 100 Tahun Ditawarkan Rp 100 Juta

Batik sebagai karya seni dan Budaya Indonesia sudah menjadi  koleksi berharga bagi banyak orang. Koleksi batik tua yang usianya mencapai satu abad atau 100 tahun akan bisa disaksikan warga Surabaya dalam pameran Wismilak Ragam Pesona Batik mulai 9-15 Oktober 2014 di Grha Wismilak.

Salah satu koleksi batik tua yang akan dipamerkan adalah batik motif ayam-ayaman yang diperkirakan dibuat di akhir tahun 1800-an. Batik khas buatan Lasem Jateng itu terlihat masih bersih terawat.

Dwita Herman, pemilik kain batik berumur 100 tahun itu menyebut harga koleksi kain batik itu diperkirakan mencapai Rp 100 jutaan.

Selain koleksi kain batik Dwita, pameran batik dalam rangka Hari Batik Nasional itu juga akan memamerkan koleksi wayang golek berkostum dari kain batik.

Chief Personnel PT Wismilak Inti Makmur Tbk, Hanry Najoan mengatakan pameran ini digelar untuk menambah pengetahuan masyarakat akan sejarah batik.

“Masyarakat  bisa menilai pengaruh kreator batik zaman dulu pada perkembangan batik sampai saat ini, ada beberapa jejak pembatik kuno asal Pekalongan dan yang lainnya yang bisa dilihat langsung,” ujar Hanry.

Ia menyebut ada beberapa karya batik kuno yang dibuat kreator batik kuno, seperti, Oey Soe Tjoen dan Lim Ping Wie, Liem Boen In, Na swa Hien, Oey Kok Sing atau Oey Siok Kim dan Oh Ju May

Source http://surabaya.tribunnews.com http://surabaya.tribunnews.com/2014/10/08/batik-berumur-100-tahun-ditawarkan-rp-100-juta
Comments
Loading...