infobatik.id

Batik Berpeluang Diekspor Ke Amerika Selatan

0 22

Batik Berpeluang Diekspor Ke Amerika Selatan

Produk tekstil, batik dan meubel yang berasal dari Kota Solo dan daerah sekitarnya mempunyai peluang besar untuk bisa masuk pasaran Amerika Selatan dan Karibia, karena potensi yang ada di negara itu cukup besar. Direktur Amerika Selatan dan Karibia Kementerian Luar Negeri Indonesia Mustafa Taufik Abdul Latif mengatakan pasar di negara-negara itu masih belum jenuh, untuk itu perlu digarap untuk memasarkan berbagai jenis produk yang dihasikan. “Kita harus mulai mencari pasar baru jangan hanya berorientasi ke pasar tradisional seperti Eropa dan Amerika Serikat saja, karena di pasar ini sudah jenuh. Ya kalau kita tidak siap-siap mulai sekarang bisa celaka,” katanya.

Seperti di Negara Karibia dalam tahun 2012 belanja untuk produk tekstil mencapai 1,1 miliar dolar Amerika Serikat (AS), belanja pakaian wanita 1,2 miliar dolar AS, dan pakaian pria mencapai 1,2 miliar, belum untuk yang lainnya. Sementara itu untuk di Solo dan sekitarnya merupakan penghasil produk tekstil dan meubel.

Peluang pasar yang ada itu tidak hanya di Karibia saja, tepai juga negara-negara lainnya seperti Brazil, Argentina dan lain-lain, ini semuanya juga belum digarap oleh para pengusaha asal Indonesia. Belanja negara-negara di Amerika Selatan itu cukup besar, dan barang-barang yang dibeli itu di Indonesia banyak, maka sayang peluang ini kalau tidak dimanfaatkan, demikian pula halnya di sektor pariwisata juga belum ditangani secara maksimal.

Source http://bandung.bisnis.com/ http://bandung.bisnis.com/read/20140227/20/498160/batik-berpeluang-diekspor-ke-amerika-selatan
Comments
Loading...