infobatik.id

Batik Bengkulu Motif Kaligrafi Perpaduan Bunga Raflesia

0 26

Batik Bengkulu Motif Kaligrafi Perpaduan Bunga Raflesia

Batik Bengkulu sering disebut dengan Batik Besurek. Besurek dalam bahasa daerah Bengkulu, artinya bersurat dalam bahasa Indonesia. Dinamakan Besurek (bersurat) karena batik yang dibuat di Bengkulu umumnya dibuat dengan motif kaligrafi Arab serta potongan ayat-ayat suci Al-Quran.

Keunikan dari motif Batik Besurek ini yaitu memiliki karakter dan motif yang khas dan sangat unik.  Batik Besurek memiliki warna yang lebih cerah dan beragam. Selain motif kaligrafi arab, Batik Besurek Bengkulu juga terdapat motif-motif yang lain seperti motif bunga raflesia, motif burung kuau, relung paku, motif rembulan, dan lain sebagainya. Dalam satu helai kain Batik Besurek, biasanya lebih dari satu motif, misal motif kaligrafi dipadukan dengan bunga raflesia, dan lain sebagainya.

Motif bunga raflesia merupakan bunga bangkai raksasa satu-satunya di dunia yang tumbuh di hutan Bengkulu, motif ini bisa dibilang sebagai motif utama kain Batik Besurek setelah motif kaligrafi. Motif burung kuau merupakan motif ini bergambar seperti burung yang disusun dari rangkaian huruf kaligrafi. Motif rembulan merupakan motif gambar rembulan bulat yang dipadukan dengan motif kaligrafi. Motif relung paku yaitu motif yang gambarnya meliuk-liuk seperti tanaman relung paku yang banyak tumbuh di Bengkulu.

Source https://stylebatiknusantara.wordpress.com/ https://stylebatiknusantara.wordpress.com/2014/10/08/batik-bersurek-bengkulu-batik-dengan-potongan-ayat-suci-al-quran/
Comments
Loading...