Batik Benang Bintik Lukisan Kehidupan Suku Dayak Ngaju

0 761

Batik Benang Bintik Lukisan Kehidupan Suku Dayak Ngaju

Pesona Batik Jawa sudah tak diragukan lagi, bahkan motif-motif batik yang terkenal hingga belahan dunia ada di Jawa. Ternyata Suku Dayak Ngaju tidak hanya kaya akan budaya dan adat istiadanya saja, namun juga memiliki gambaran kehidupan yang dituangkan ke dalam sebuah kain yang bermotif. Yaitu Batik Dayak yang dikenal dengan nama Benang Bintik.

Batik Suku Dayak Ngaju, yang berasal Kalimantan Tengah ini memiliki keistimewaan tersendiri bagi masyarakat Suku Dayak, karena jenis motif yang tertuang dalam kain melambangkan kebudayaan Suku Dayak.

Konon pada zaan dulu motif dalam Batik Kalimantan Tengah terpengaruh oleh kepercayaan suku Dayak yang disebut kaharingan. Kepercayaan ini terus berkembang melalui simbol-simbol yang berwujud benda alam ruang angkasa, bumi, maupun yang ada dalam diri seseorang. Motif-motif yang di gambarkan pada kain batik benang bintik diambil dari lukisan ataupun ukiran sisa-sisa sejarah.

Berbeda dengan kain Sasirangan yang merupakan kain khas Kalimantan Selatan, Benang Bintik coraknya beragam. Ada falsafah di kain tersebut yang selama ini menjadi pedoman bagi orang Dayak Kalimantan Tengah.

Salah satu wujud simbol kepercayaan suku Dayak adalah Batang Garing atau pohon kehidupan. Pohon ini melambangkan suatu hubungan vertikal antara manusia dengan sang penguasa yang diyakini. Dan hubungan horizontal antara manusia dengan makhluk-makhluk lain yang ada di bumi.

Pohon inilah yang kemudian menjadi salah satu ciri khas Motif Batik Kalimantan Tengah yang terkenal. Selain dari motif kawit tuyan, guci, tombak, tameng, dan balain nihing. Terdapat motif-motif pilihan yang semakin memperkaya warisan budaya dunia, seperti motif Kelakai (tumbuhan sayur-mayur yang sering dikonsumsi orang Kalimantan), Mandau (senjata khas Dayak), Burung Tingang (burung khas Kalimantan), Huma Betang, Naga, Motif Ukiran Dayak, hingga Motif Balanga.

Dalam tahapan pembuatan Bintik Benang yang memiliki kualitas dan nilai seni yang tinggi membutuhkan proses yang tidak sebentar dan juga tidak mudah. Sama seperti pembuatan batik di berbagai daerah, proses pembutan batik Kalimantan Tengah juga melalui beberapa tahapan yang cukup rumit. Misalkan saja, pada tahapan yang pertama dimulai dari menyiapkan peralatan dan bahan baku berupa kain dobi, rayon kembang, sutra bermotif, sutra polos, pewarna, lilin, malam dan soda. Bahan-bahan baku ini biasanya didatangkan dari pulau Jawa.

Seiring dengan perkembangan zaman, batik Kalimantan Tengah juga mengikuti perkembangan yang ada. Bisa dilihat dari warna kain batik yang semakin bervariasi, juga pada penambahan motif sebagai hiasan motif utama. Keunikan Batik Benang Bintik telah dipatenkan oleh Badan Karya Dunia sebagai karya budaya asli milik bangsa Indonesia. Pemerintah dan masyarakat Kalimantan Tengah pun menaruh perhatian yang tinggi terhadap kelestarian batik khas tersebut.

Source Batik Benang Bintik Lukisan Kehidupan Suku Dayak Ngaju Batik
Comments
Loading...