infobatik.id

Batik Bekasi Perpaduan Dua Kebudayaan yang Indah

0 25

Batik Bekasi Perpaduan Dua Kebudayaan yang Indah

Kota Bekasi merupakan sebuah daerah pinggiran di DKI Jakarta dan masuk ke dalam wilayah Jawa Barat. Bekasi sendiri dibagi menjadi dua wilayah, yakni kota dan kabupaten. Berdekatan dengan dua wilayah membuat masyarakat Bekasi kental dengan perpaduan budaya Betawi dan Sunda sejak dahulu. Berbicara mengenai batik, ternyata di Bekasi terdapat juga batik khas yang berasal dari Kota Patriot tersebut. Batik Bekasi terinspirasi dari dua kebudayaan berbeda yakni Betawi dan Sunda, karena memang lokasinya yang berada di perbatasan dua kebudayaan tersebut.

Tidak seperti batik pada umumnya yang mempunyai pola yang sama, Batik Bekasi lebih berani dan trendi, karena selain motif biasa, disisipkan juga gambar-gambar yang berada di sekitar kehidupan masyarakat Bekasi. Batik Bekasi sendiri terdiri dari lima pakem motif, yakni motif fauna, flora, sejarah, budaya, dan terang. Batik Bekasi juga memiliki banyak varian warna. Untuk motif flora biasanya terdapat gambar berbentuk kecapi, bambu dan teratai. Sementara motif fauna lebih kepada jenis ikan seperti ikan gabus, ikan sepat dan ikan betik. Motif sejarah sangat kental dengan perjuangan masyarakat Bekasi melawan penjajah.

Ini dituangkan ke dalam motif bambu runcing, bendo, Kali Bekasi, dan motif Gedung Juang Tambun. Ada juga motif budaya, yakni tanjidor, tari topeng, dandang, legenda Rawa Tembaga, dan permainan anak-anak. Terakhir, motif terang biasa memuat warna hijau lumut, hijau daun, dan tanah merah di Bekasi. Meriahnya Motif Batik Bekasi ini pasti akan menarik perhatian saat melihatnya, terlebih batik ini dipengaruhi dua kebudayaan Betawi dan Sunda yang terdapat di dalam motifnya. Saat ini Batik Bekasi terbilang langka karena sudah jarang sekali masyarakat Bekasi yang mau membatik.

Source https://www.yourou.id/ https://www.yourou.id/blog/2017/04/03/batik-bekasi-perpaduan-dua-kebudayaan-yang-indah/
Comments
Loading...