Batik Bekasi di Antara Kekuatan Kearifan Lokal

0 115

Batik Bekasi di Antara Kekuatan Kearifan Lokal

Pemerintah Kota Bekasi sangat peduli terhadap keberadaan batik yang kini sudah menjadi kebanggaan. Batik Bekasi kini sudah memiliki hak merek dari HAKI sejak tahun 2014 bertepatan dengan HUT ke-17 Kota Bekasi. Pemerintah Kota Bekasi ingin mempromosikan batik bekasi seluas-luasnya, tidak hanya skala regional, tapi nasional dan bahkan internasional. “Kita ingin mempromosikan batik bekasi seluas-luasnya, baik di wilayah kita sendiri maupun di luar wilayah Bekasi,” kata Sofyan Hadi, selaku Kasi Promosi dan Pemasaran, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi. Batik Bekasi memiliki motif dengan 11 pakem yang diambil dari kearifan lokal. Hal inilah yang bisa membedakan dengan batik-batik dari daerah lain. Ke-11 pakem tersebut adalah pakem Kecapi, Golok, Rumah Adat, Bambu Kuning, Tarian Betawi, Enceng Gondok, Tugu, Lele, Dunian, Gabus, Teratai.

Pakem yang digunakan sebagai wujud dari kearifan lokal Bekasi itu yang menjadi ciri khas dari Batik Bekasi. Dari pakem-pakem tersebut bisa dikombinasikan dengan yang lain, seperti Motif Kecapi, kalau tidak ditambah dengan bentuk-bentuk lain seperti motif tanaman, tapi tidak menghilangkan pakem itu sendiri. Perhatian Pemerintah Kota Bekasi terhadap Batik Bekasi diwujudkan dengan memberikan dukungan kepada masyarakat yang menekuni usaha batik bekasi.

Untuk terus mengembangkan dan melestarikan Batik Bekasi, kini sudah menjadi kewajiban memiliki dan memakai terutama di sekolah. Saat ini yang sudah mengenakan seragam Batik Bekasi masih pada tahap SD dan SMP, dan ke depannya akan mengarah ke sekokah tingkat atas atau SMA.

Source Batik Bekasi di Antara Kekuatan Kearifan Lokal Batik
Comments
Loading...