infobatik.id

Batik Bayat Motif Alas-alasan

0 62

Batik Bayat Motif Alas-alasan

Batik Bayat terkenal dengan batik yang memiliki kehalusan dan proses pewarnaannya yang sempurna. Kecamatan Bayat yang memiliki 10 sentra industri batik. UMKM batik ini memberikan kontribusi yang cukup besar untuk perekonomian Kabupaten Klaten. Beberapa sentra produksi di Kecamatan Bayat, antara lain Batik Cap di Desa Beluk, Batik Tulis di Desa Jarum dan Desa Kebon, dan Batik Tenun Lurik di Desa Tegalrejo.

Untuk proses pembuatan batik dari penggambaran motif batik, pembatikan, pencelupan, pengeringan, pengemasan sampai produk batik siap dipasarkan terdapat di Kabupaten Klaten itu sendiri. Sehingga tenaga kerja sebagian besar berasal dari Kecamatan Bayat yang telah menekuni usaha batik karena membatik dilakukan secara turun-temurun. Salah satu Motif Batik Bayat adalah Motif Alas-alasan.

Batik Bayat Motif Alas-alasan adalah salah satu motif batik tulis asli Bayat yang sangat terkenal sejak dahulu. Motif ini dicirikan dengan design yang dilukis (istilah lokal: di pres) oleh seorang seniman lukis dengan menggunakan pensil yang digambarkan di atas kain putih (mori) sebagai bahan utama kain batik.

Source http://batiktulisbayat.blogspot.co.id/ http://batiktulisbayat.blogspot.co.id/2010/06/motif-alas-alasan.html https://fitinline.com/article/read/batik-bayat-klaten
Comments
Loading...