Batik Batang Unik dan Terancam Punah

0 156

Batik Batang Unik dan Terancam Punah

Masih banyak batik dari penjuru negeri yang masih kurang populer. Hal ini menyebabkan batik-batik tersebut terancam punah. Salah satunya adalah batik dari Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Batik Batang cenderung tak terdengar. Batik Batang sebagai warisan budaya Batang merupakan potensi budaya daerah Batang yang berkembang karena pengaruh-pengaruh budaya pada masa kerajaan Majapahit yang masih dilestarikan sampai sekarang.

Batik Batang dibuat dan digunakan di daerah Kabupaten Batang dapat dikenali dari corak warna sogan ireng-irengan atau cokelat kehitam-hitaman. Warna sogan atau cokelat pada batik Batang lebih gelap dibandingkan dengan corak-corak sogan daerah lain, seperti daerah Solo dan Yogyakarta.

Pengaruh-pengaruh budaya asing yang berkembang di daerah Batang juga memengaruhi perubahan warna dan motif- motif pada batik Batang, membuatnya menjadi lebih beragam. Motif batik Rifaiyah, misalnya, merupakan motif batik yang mendapat pengaruh ajaran-ajaran agama Islam.

Kekhasan lain dari Batik Batang adalah batik ini dibuat dengan proses pembatikan bolak-balik di kedua sisi kain, yang hasilnya disebut Batik Pagi Sore. Tidak heran jika proses untuk sehelai batik membutuhkan waktu minimal tiga sampai empat bulan. Hal inilah yang menyebabkan Batik Tulis khas Batang menjadi langka. Kurangnya minat para generasi muda Batang untuk melestarikannya menjadi salah satu alasan.

Awal November 2016, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan lokakarya fesyen dan kreatif untuk membentuk ekosistem desa kreatif di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Diharapkan dengan kegiatan ini Batik Tulis Batang dapat dilestarikan di kalangan pembatik muda. Selain itu, diharapkan agar para pembatik muda dapat mengembangkan desain batik yang kontemporer, maupun perpaduan kontemporer dan klasik.

Source Batik Batang Unik dan Terancam Punah Batik
Comments
Loading...