Keunikan Motif Batik Kopi Pecah Khas Kabupaten Banyuwangi

0 1.545

Berbagai macam batik di Indonesia memiliki sejarah tersendiri. Begitupun batik Banyuwangi, yang dikenal sebagai batik pesisiran. Motifnya beragam, dari Kopi Pecah dan lain sebagainya. Kopi Pecah merupakan salah satu motif batik asli Banyuwangi. Ada filosofi yang ingin diangkat dalam pengambilan tema ini, yakni pengorbanan. Biji kopi harus dipecah atau dihancurkan, agar bisa dinikmati. Itulah makna pengorbanan. Kini batik Banyuwangi telah dikenal di dunia fashion nasional maupun internasional. Permintaan batik Banyuwangi terus mengalami peningkatan. Saat ini, ciri khas Batik Banyuwangi telah dikenal. Ketika membeli batik, orang tahu kalau itu batik khas Banyuwangi. Dengan demikian pelaku industri batik Banyuwangi ikut berkembang.

Kopi Pecah menjadi tema dalam Banyuwangi Batik Festival (BBF) 2017. Selain itu, kopi juga menjadi salah satu komoditas unggulan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Saat ini luas lahan kebun kopi di Banyuwangi mencapai 10.833 hektar baik kebun yang dikelola swasta ataupun dikelola langsung oleh petani.

BBF ini diperuntukkan agar produk Industri batik Banyuwangi terus berkembang. Sejak lima tahun terakhir, Banyuwangi konsisten menggelar BBF. Berbagai tema motif batik khas Banyuwangi diangkat. Festival ini juga dihadiri Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, yang datang ke Banyuwangi untuk menyaksikan BBF. Enggar mengatakan itu buah dari hasil perjuangan dan pengorbanan Banyuwangi selama ini, yang terus konsisten mempopulerkan batik melalui BBF. Enggar mengatakan sangat jarang daerah yang konsisten menggelar fashion batik. Banyuwangi termasuk yang konsisten dalam memasarkan batik yang memiliki ciri khas. Dengan BBF ini menurut Enggar, memancing dunia fashion dan media untuk tertarik datang ke Banyuwangi, dan mencari tahu seperti apa batik Banyuwangi khususnya yang bermotif kopi pecah.

Source Keunikan Motif Batik Kopi Pecah Khas Kabupaten Banyuwangi Makna Pengorbanan pada Motif Batik Kopi Pecah Banyuwangi
Comments
Loading...