Batik Banyuwangi Motif Gedegan

0 281

Batik Banyuwangi Motif Gedegan

Batik Banyuwangi merupakan sebuah perwujudan nilai estetika dari ragam hias khas Kabuapaten Banyuwangi. Motif Batik Banyuwangi tidak hanya sebuah perwujudan estetika dari ragam hias namun juga memiliki nilai–nilai yang dianut oleh masyarakat yang ada di Banyuwangi. Semua nama motif dari batik asli Bumi Blambangan ini ternyata banyak dipengaruhi oleh kondisi alam. Banyak motif khas dari batik khas Bumi Blambangan. Sampai saat ini, sekitar 21 jenis motif batik asli Banyuwangi yang telah diakui secara nasional. Salah satunya adalah Motif Batik Gedegan.

Motif Gedegan juga kayak gedeg (anyaman bambu). Motif-motif batik yang ada ini merupakan cerminan kekayaan alam yang ada di Banyuwangi. Motif batik seperti di Banyuwangi ini tidak akan ditemui di daerah lain dan merupakan khas Banyuwangi.

Upaya untuk pelestarian Batik di Banyuwangi dilakukan oleh Pemkab setempat, mulai tahun 2009 setiap hari Kamis, Jumat dan Sabtu semua pegawai Pemerintahan Daerah dan Pegawai Negeri Sipil di Banyuwangi wajib memakai seragam batik dengan Motif Gajah Oling. Dengan karakter yang berbeda batik banyuwangi menampilkan motif yang unik dan menarik. Penciptaan motif batik Banyuwangi merupakan bentuk karya seni yang cukup tinggi. Semua motif itu diambilkan dari kekayaan alam Banyuwangi yang beraneka ragam. Jadi motif batik ini warisan nenek moyang itu bernilai seni yang harus dipertahankan.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-banyuwangi/
Comments
Loading...