Batik Banyumas Batik Banyumas SSasar Pasar Ekspor

0 145

Batik Banyumas Sasar Pasar Ekspor

Pemerintah Kabupaten Banyumas berkeinginan besar agar produk Batik yang berasal dari Banyumas dapat menyasar pasar ekspor. Dari beberapa produk keunggulan Banyumas, produk kerajinan batik menjadi salah satu produk yang belum memiliki pangsa pasar di luar negeri. Diharapkan, Pemerintah Pusat memfasilitasi pengembangan produk batik hingga ke luar negeri.

Produk Batik Banyumas dapat laku di pasar luar negeri, karena produk Batik Banyumas memiliki ciri khas dan motif yang menarik. Sehingga nilai artistik dan originalitas itu menjadi nilai tawar sendiri bagi orang asing yang suka produk Batik Indonesia. Untuk memajukan produk asli Banyumas, memang butuh keterlibatan semua elemen, apalagi untuk kaitannya dengan ekspor. Dari itu Pemerintah Kabupaten Banyumas terus mendorong agar produk unggulan Banyumas bisa dikenal luas sebelum nantinya menyasar pasar luar negeri. Menurutnya untuk saat ini upaya yang dilakukan dengan mengikutkan pelaku batik dalam berbagai pameran, baik lokal maupun nasional.

Kurangnya kompetensi SDM pelaku usaha, kurangnya permodalan serta kurangnya pemahaman terhadap tata niaga ekspor dan identifikasi batasan perdagangan yang diterapkan oleh negara tujuan ekspor. Dikatakan, minimnya pengetahuan dan akses permodalan menjadikan produk pelaku UKM di Banyumas dikemas sederhana dan kurang menarik.

Berdasarkan catatan Dinperindagkop Banyumas, jenis produksi batik di Banyumas meliputi; batik tulis, batik cap dan batik kombinasi. Jumlah unit usaha ada 60 dan jumlah tenaga kerja mencapai 833 orang. Sementara itu, jumlah produksi mencapai 360.000 lembar per tahun, dengan nilai produksi Rp. 54 miliar per tahun. Untuk sentra produksi tersebar di Kecamatan Banyumas, Kecamatan Sokaraja, Kecamatan Sumpiuh, Kecamatan Sumbang, Kecamatan Patikraja, Kecamatan Purwokerto Utara dan Kecamatan Somagede.

Source Batik Banyumas Sasar Pasar Ekspor Batik
Comments
Loading...