Batik Banyumas Memiliki Warna yang Sangat Khas

0 47

Batik Banyumas Memiliki Warna yang Sangat Khas

Pakar budaya yang berasal dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Bambang Widodo mengatakan batik yang berasal dari Kabupaten Banyumas memiliki ciri-ciri warna yang sangat khas yakni kecokelatan atau natural. “Batik Banyumas biasanya memiliki warna natural atau kecokelatan, atau warna-warni alam,” kata Bambang Widodo. Karena itu, dengan warna yang khas yang dibuat oelh para perajin batik di Banyumas banyak kolektor-kolektor batik klasik yang menyukai produk Batik khas Banyumas.

Bahkan pecinta batik dari kalangan menengah ke atas banyak yang menggemari batik Banyumas karena warnanya yang sangat khas. Untuk itu para perajin batik di wilayah tersebut harus terus mengembangkan kreativitas mereka agar dapat menciptakan produk yang makin berkelas. Dengan meningkatkan terus keterampilan dan kreativitas agar dapat menciptakan produk yang semakin berkualitas pula.

Perlu adanya dukungan dari pemerintah daerah untuk dapat memfasilitasi para perajin batik dalam mengembangkan keterampilan mereka. Termasuk membantu para perajin dalam memasarkan produk mereka. Hal tersebut perlu dilakukan agar Batik Banyumas dapat menembus dan bersaing di pasaran. Batik Banyumas sangat potensial namun membutuhkan lebih banyak promosi agar lebih dikenal secara luas. Bila promosi terus dilakukan maka batik banyumas akan seterkenal batik-batik dari daerah-daerah tetangga.

Source https://elshinta.com/ https://elshinta.com/news/82820/2016/10/13/batik-banyumas-miliki-warna-yang-sangat-khas 
Comments
Loading...