Batik Bantul : Motif Nitik Kembang Kenanga

0 398

Motif Batik Nitik Kembang Kenanga

Bantul merupakan sebuah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan seni kerajinan batik. Kembangsongo merupakan sentra batik tulis yang terletak di Desa Trimulyo, Jetis, Bantul yang memiliki ciri khas motif batik yang disebut batik Nitik.
Motif ini terdiri dari unsur titik-titik besar dan kecil membentuk suatu pola-pola geometris, bentuk-bentuk bunga, daun, sulur, dan garis-garis panjang. Motif batik nitik ini sekarang dipandang oleh konsumen batik tulis terkesan monoton dan miskin inovasi bentuk dan hasil pewarnaan yang hanya berwarna biru wedel dan sogan coklat. Salah satu motif batik yaitu Motif Batik Nitik Kembang Kenanga ini sepintas memang mirip seperti motif Kawung. Namun sebenarnya kedua motif ini berbeda.
Perbedaan dasar itu dapat terlihat pada bagian dasar tembokan dan hiasan ornamen di dalam bagian irisan lingkaran yang memiliki bentuk seperti cacah gori. Selain itu warna motif batik Kembang Kenanga ini lebih banyak didominasi warna hitam. Pada masa lalu, kain dengan motif batik ini lebih pantas dipakai oleh orang tua terutama kaum ibu. Motif ini dianggap kurang cocok untuk dipakai para gadis karena dianggap memiliki pola yang terlalu sederhana dan warna yang kurang cerah.
Motif batiknya yang sederhana dan warna yang kurang cerah ini terkandung harapan bahwa motif batik ini akan memberikan kehormatan kepada seorang ibu dan harapan akan seorang ibu yang memiliki jiwa yang sederhana.
Source Batik Bantul Motif Batik Nitik Kembang Kenanga Batik Bantul
Comments
Loading...