Batik Bantul Dan Keraton Yogyakarta

0 237

Batik Bantul Dan Keraton Yogyakarta

Batik yang ada di daerah Bantul merupakan pengembangan dari motif yang ada pada baju batik Keraton Yogyakarta. Perkembangan batik di daerah Bantul ini berasal dari kebutuhan keraton akan pembuat baju batik yang dapat memenuhi kebutuhan batik untuk dipakai kalangan keraton. Masyarakat Bantul yang pada waktu itu ikut membantu untuk menjaga dan memelihara makam-makam para Raja Mataram, bersama dengan para abdi dalem yang berasal dari Keraton Yogyakarta. Ketika itu para abdi dalem terus membuat motif batik untuk mengisi waktu senggang yang mereka miliki.

Dalam proses tersebut masyarakat Bantul yang ikut sebagai penjaga dan juga pemelihara makam mulai tertarik dan mulai meniru keterampilan para abdi dalem tersebut dalam membuat baju batik dan berbagai macam motif baju batik keraton tersebut. Setelah itu, mulailah masyarakat Bantul menjadi para seniman yang membuat motif batik untuk dapat memenuhi kebutuhan keraton Yogyakarta. Dengan begitu maka kepandaian yang dimiliki oleh masyarakat Bantul mulai berkembang dan kemudian menjadi sebuah tradisi dan juga kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Bantul. Batik saat ini telah menjadi salah satu komoditas yang menjadi andalan bagi masyarakat Bantul dan juga telah menjadikan daerah mereka sebagai salah satu pusat pembuatan dan juga salah satu tempat yang menjadi daerah sentra untuk kerajinan baju batik di daerah Yogyakarta.

Batik yang dibuat oleh masyarakat Bantul telah berkembang dan menjadi berbagai macam motif baik itu motif batik tradisional atau pun pengembangan motif batik yang modern. Selain itu di daerah Bantul ini juga berkembang berbagai macam kerajinan yang dihiasi dengan motif batik. Berbagai macam kerajinan dengan bentuk boneka kayu, wayang kayu, kucing kayu, dan berbagai macam kerajinan lainnya menjadi semakin menarik dengan menggunakan motif batik.

Source http://biboll.blogspot.co.id/ http://biboll.blogspot.co.id/2015/02/batik-bantul-dan-keraton-yogyakarta.html http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...