Batik Bantul dan Kelebihannya

0 537

Batik Bantul dan Kelebihannya

Motif Batik Bantul ini banyak yang menggunakan nama bunga dalam pemberian nama dari motif Batik Nitik ini diantaranya adalah Motif Batik Kembang Kanthil, dan Motif Batik Kembang Waru. Dalam perkembangannya pola ini juga kemudian dipadukan dengan berbagai macam pola lain seperti Pola Batik Kawung dan juga Pola Batik Parang. Berbagai paduan ini kemudian menciptakan berbagai macam nama motif batik yang baru seperti Motif Batik Nitik Tambal, Nitik Cakar Ayam dan berbagai macam motif batik nitik yang lain. Motif batik ini kemudian berkembang di daerah Bantul terutama di desa Kembangsongo, dan Jetis.

Batik dengan berbagai macam motif ini terus berkembang menjadi sebuah busana yang akan dicintai oleh masyarakat Indonesia dan dapat menjadikan sebuah busana yang dipakai oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Batik sebagai sebuah ciptaan manusia pasti memiliki kelebihan dan juga di sisi lain memiliki kekurangan yang ada pada batik tersebut. Batik yang berasal dari Bantul ini juga seperti itu, memiliki berbagai macam kelebihan yang membuat batik ini semakin baik dan juga di sisi lain memiliki beberapa kekurangan, terkadang kekurangan bisa menjadi sebuah nilai plus dari batik yang berasal dari Bantul.

Kelebihan dari Batik Bantul diantaranya adalah :

  • Batik ini memiliki banyak motif batik yang diciptakan oleh para seniman nya.
  • Memiliki warna yang sangat beragam selain itu berbagai macam motif nya juga bisa dikembangkan sesuai dengan bentuk yang ingin diciptakan oleh para pembuat batik tersebut.
  • Batik Bantul ini adalah masih dipertahankannya penggunaan pewarna alami untuk memberikan warna pada batik Bantul ini.

Sisi lain batik yang berasal dari daerah Bantul ini memiliki proses pemberian warna yang lebih rumit jika dibandingkan dengan motif batik yang berasal dari daerah lain. Dan juga penggunaan warna alam yang dipakai oleh Batik Bantul ini memiliki harga yang mahal karena pewarna batik dari alam semakin susah ditemukan yang membuat harga dari batik ini menjadi jauh lebih mahal.

Source Batik Bantul dan Kelebihannya Batik
Comments
Loading...