Batik Banjar Balong

0 313

Batik Banjar Balong

Adanya perubahan-perubahan dari masa dulu hingga kini, ditinjau dari batik itu sendiri sebenarnya merupakan hal yang positif, karena merupakan salah satu upaya untuk menjaga eksistensi batik di zaman modern seperti saat ini agar tetap terus dilestari. Salah satunya adalah Batik Banjar Balong yang memiliki tata susun dengan posisi yang telah tertera pada bagian penjelasan memberikan konotasi tentang keberadaan pohon hayat. Pohon hayat yang terdapat di tengah yang diapit oleh kanan-kiri sepasang lar (Motif Garuda), samping atas kana-kiri dan dilingkupi meru, menandakan akan keberadaan simbolisme pohon hayat yang terjaga ketat.  Terdapat dua simbolisme pohon hayat.

Secara struktur Motif Pohon Hayat yang tengah melingkupi 6 Motif Pohon Hayat memberikan konotasi filosofi tentang cermin hubungan dan keseimbangan yang berlapis. Sehingga, Motif Pohon Hayat ini perlu dijaga secara mikrokosmos (batik kita yang terlukis sebagai pohon hayat pada posisi tengah) dan secara makrokosmos (alam semester dan lingkungannya yang terlukis sebagai pohon hayat bagian yang melingkari).

Pada Batik Banjar Balong juga terdapat Motif Seekor Burung Garuda. Terdapat bentuk simbolik garuda ini diilhami oleh mitos Hinduisme, yaitu burung garuda kendaraan Dewa Wisnu, Sang Pemelihara Yang Bijaksana, namun ditampilkan dengan nuansa Islami. Secara filosofi, bentuk garuda merupakan simbol keperkasaan, ketabahan, dan sikap melindungi yang dilandasi dengan kebijaksanaan.

Source Batik Banjar Balong Batik
Comments
Loading...