Batik Bangkalan Tidak Diimbangi Pabrik Tekstil

0 28

Batik Bangkalan Tidak Diimbangi Pabrik Tekstil

Produk Batik Madura khas Bangkalan, Jawa Timur, masih tetap jadi komoditas unggulan daerah itu. Sayangnya perkembangan industri batik Bangkalan tidak diimbangi dengan kehadiran pabrik tekstil. Sampai pada akhirnya, harga batik Bangkalan terbilang mahal. Nama Batik Madura khas Bangkalan tidak cuma bergema di pasar domestik. Namanya juga mulai di kenal di pasar internasional. Pemerintah kabupaten juga mulai memperhatikan industrinya. Tetapi harga jualnya kalah berkompetisi dengan batik dari lokasi lain di Indonesia. Harga paling murahnya Rp. 60 ribu selembar. Sesaat harga paling mahal dapat meraih Rp25 juta per helai, untuk type batik Gentongan. Pengrajin batik mengakui biaya produksi mahal.

Argumennya, mereka menghadirkan kain dari luar lokasi Bangkalan. “Kami untuk kain sampai kini menghadirkan dari beragam lokasi mas, umumnya sih dari Surabaya atau terkadang dari Pekalongan. Jadi harga kain jadi lebih mahal demikian dengan juga harga batiknya,” tutur Rofiah, seseorang pengrajin batik asal Desa Telaga Biru, Tanjung Bumi, Bangkalan. Beberapa pengrajin, memerlukan pabrik tekstil di daerah Bangkalan. Hingga cost produksi bisa ditekan serta harga jual kain batik juga lebih terjangkau Kepala Bagian Fasilitas serta Produksi Industri Dinas Perindustrian serta Perdagangan Kabupaten Bangkalan, Iskandar Ahadiyat, juga mengerti permasalahan itu. Ia mengaku industri tekstil terkendala dengan tak ada pabrik kain di kabupaten itu.

Karena itu, Iskandar mengimbau pengrajin bisa menonjolkan ciri khas lain untuk kurangi harga produksi. Pengrajin batik di Bangkalan meraih lebih 2. 000 orang. Jumlah itu bertambah di banding empat th. lantas yang cuma sejumlah 1. 200 orang. Mengerti kekurangan itu, Iskandar berikan peluang pada investor untuk membangun pabrik tekstil di Bangkalan. Tetapi tentu, pembangunan pabrik tekstil mesti mengantongi izin dari pemerintah setempat.

Source http://ebatiktrusmi.blogspot.co.id/ http://ebatiktrusmi.blogspot.co.id/2015/02/batik-cirebon-batik-bangkalan-tidak.html
Comments
Loading...