Batik Bandeng Lele 3D, Terapkan Ornamen Icon Lamongan

0 47

Batik Bandeng Lele 3D, Terapkan Ornamen Icon Lamongan

Batik Bandeng Lele merupakan salah diantara batik khas Kabupaten Lamongan. Tak ingin Batik Bandeng Lele hanya bermotif monoton, Salah seorang Disainer batik khas Lamongan, Esti Kholik warga Jalan Kusuma Bangsa Gang Beringin Lamongan membuat motif batik Bandeng Lele seperti gambar 3 Dimensi (3D). Beliau memilih desain Bandeng Lele karena ingin agar motif Bandeng Lele bisa naik kelas, dan kepingin bentuk Bandeng Lele paling tidak mirip dengan icon nya Lamongan, atau lebih spesial terlihat 3D, seperti nyata.

Dikatakan Esti, untuk membuat motif batik Bandeng Lele 3D ini, Ia menerapkan langsung ornamen-ornamen icon Lamongan ke desain batik yang dibuatnya. Seperti tugu yang ada di depan stadion. Selain berbentuk 3D, Esti mengungkapkan di setiap disain batik yang Ia disain juga dipadupadankan dengan motif-motif batik modern yang kekinian.

3D bandeng lele, untuk konsep-konsep yang lainnya Esti hanya mengasih ornamen-ornamen pantesnya batik bagaimana dan modern jadi kekinian, jadi ikuti tren. Jadi gak dengan motif yang kuno itu itu terus, fasion budaya kan boleh berkembang menyesuaikan zaman. Lebih lanjut, Esti mengaku mulai mendisain batik Bandeng Lele 3D ini berbekal dari pengalamannya selama menjadi penjahit. Ia yang menjadi penjahit langganan para pejabat di Lamongan ini mencoba mendesain sendiri batiknya. Sebab, saat menjahit, Ia selalu diminta untuk menjahit kain yang kadang tidak sesuai antara pola jahitan dengan motif batiknya.

Awalnya, ia sempat meminta ijin kepada istri Bupati Lamongan, Ibu Makhdumah Fadeli dan Wabup Lamongan, Kartika Hidayati agar diperkenankan untuk membuat desain batik khas Lamongan. Tak hanya itu, Esti menegaskan, selain mendisain batik Bandeng Lele dengan 3D, di setiap batik yang ia disain juga memiliki ciri lain yang melekat, yakni tidak adanya motif yang sama untuk 2 batik atau lebih. Esti yang mendesain batik dengan dibantu oleh Suaminya, Nur Kholik ini mengaku Selalu mendesain batik secara terbatas, yaitu desain batik sarimbit atau berpasangan.

“Seandainya dua sarimbit bisa sama motifnya tapi tidak akan sama warnanya setelah stop, saya desain lagi, saya gak stok banyak jaga eklusifitasnya. Satu desain satu sarimbit kecuali pesanan, kalau ada yang pesan 22 ya adanya 22 ini kalau ada yang kurang saya bikinkan lagi,” pungkas Esti yang menyebut harga batiknya tergantung motif dan bahannya dengan harga paling mahal adalah Rp. 1,5 juta.

 

Source https://memontum.com/ https://memontum.com/50377-batik-bandeng-lele-3d-terapkan-ornamen-icon-lamongan
Comments
Loading...