Batik Balikpapan dalam Proses Pematenan

0 147

Batik Balikpapan dalam Proses Pematenan

Batik Balikpapan masih tergolong kerajinan batik baru dan akan segera mendapatkan hak patennya. Kepala Disperindagkop Balikpapan Doortje Marpaung mengatakan, pihaknya sudah melayangkan hak paten batik Balikpapan ke pemerintah pusat. “Proses pematenan ini pasti akan memakan waktu yang lama tidak bisa cepat begitu saja. Maksimal dua tahun dari sekarang baru kita mendapat hak paten batik Balikpapan ini,” paparnya. Belilau mengaku memang saat ini tak henti-hentinya pihaknya mempromosikan beragam budaya dan kearifan lokal di Kota Minyak termasuk Batik Balikpapan. Awalnya Batik Balikpapan ini mulai diciptakan pada tahun 2013 dan pihaknya memberikan pelatihan membatik dan bordir kepada beberapa masyarakat Balikpapan.

Kegiatan membatik dan membordir dikarenakan proses pembuatan mudah, dapat dilakukan siapa saja tanpa memandang usia. “Untuk anak sekolah, mengisi waktu senggang dengan membatik dapat menghindarkan dari perbuatan hal-hal negatif dan berpotensi menjadi wirausahawan,” katanya. Ada juga para ibu rumah tangga yang sebelumnya banyak menganggur dengan adanya pelatihan membatik mulai dari persiapan bahan dan alat seperti canting, kain, pewarna, hingga pembuatan sketsa diharapkan dapat mencetak generasi pengusaha lebih banyak lagi. “Tentunya, UMKM kita akan meningkat dan tingkat ekonomi masyarakat menengah ke bawah akan meningkat. Belum lagi, jika usaha batik Balikpapan ini terus digarap tentu akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,” jelasnya.

Koordinator Batik Balikpapan ini ada sekitar tujuh sampai delapan orang. Mereka membina beberapa pengrajin batik yang ada di Balikpapan. Pihaknya juga terus akan menambah pengrajin batik ini karena saat ini pengrajin yang ada masih sedikit. Kepala Disperindagkop Balikpapan juga berharap agar proses hak paten terhadap Batik Balikpapan ini dapat cepat terselesaikan agar masyarakat dari luar Kota Balikpapan tahu tentang kerajinan batik di Kota ini.

Source Batik Balikpapan dalam Proses Pematenan Batik
Comments
Loading...